Gas Bumi PGN Semakin Dinikmati

316
POTENSIAL : Petugas memeriksa jaringan instalasi gas bumi PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Persero Tbk. Gas bumi produksi PGN kian diminati masyarakat. (Istimewa)
POTENSIAL : Petugas memeriksa jaringan instalasi gas bumi PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Persero Tbk. Gas bumi produksi PGN kian diminati masyarakat. (Istimewa)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Persero Tbk tidak main-main dalam memenuhi komitmennya untuk terus menyediakan gas bumi guna kebutuhan domestik. Di tengah kondisi perekonomian yang belum tumbuh seperti harapan pemerintah, gas bumi PGN menjadi energi alternatif yang ramah dan efisien terutama bagi industri nasional.

“Industri nasional masih berebut menjadi pelanggan gas PGN,” kata Direktur Komersial, PGN Danny Praditya, kemarin.

Danny mengatakan, hingga saat ini PGN masih mampu terus menambah sambungan gas ke sektor industri. Menurut dia, berbeda dengan kebanyakan badan usaha lain yang menyasar pengguna gas bumi eksisting, PGN setiap tahunnya terus menambah sambungan gas.  “Terutama penambahan sambungan gas langsung ke pengguna gas industri,” kata Danny.

Menurut catatan PGN, pada 2017 lalu, Perseroan berhasil menambah sambungan gas bumi ke pelanggan industri sampai dengan 114 industri. “Ini menjadi bukti bahwa masih banyak industri nasional yang memakai gas bumi PGN sebagai bahan bakar produksi mereka,” ujar Danny.

Industri yang mendapatkan sambungan gas dari PGN tersebar mulai dari Sumatera bagian Utara, Batam, Palembang, Lampung, Cilegon, Jabodetabek, Jawa Bagian Tengah dan Jawa Bagian Timur.

Danny mengatakan, di tengah maraknya keluhan atas melesunya pasar gas bumi baru sehingga harus menyasar pelanggan yang dikelola badan usaha lain, kinerja PGN sepanjang 2017 lalu justru menunjukkan bahwa perluasan pemanfaatan gas bumi domestik masih sangat besar. “Masih banyak wilayah yang membutuhkan energi bersih yang kompetitif,” katanya.

Pada 2018 ini, PGN berencana semakin memperluas jangkauan penyaluran gas bumi kepada pelanggan industri yang baru.  Penambahan sambungan gas ke pelanggan industri oleh PGN tersebut menambah portofolio pengelolaan gas ke pelanggan industri yang saat ini sudah hampir mencapai 1800 pelanggan. (tri/ric)