Asal Belok, Truk Hajar Pengendara

469

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Seorang pengendra motor bernama Suyati, 60, tewas secara tragis. Warga Randugarut, Kecamatan Tugu, Semarang, itu tewas terlindas truk di depan SPBU, Jalan Urip Sumoharjo, Selasa (6/3), sekitar pukul 09.15. Diduga sopir truk lalai.

Peristiwa maut tersebut sempat terekam kamera CCTV di SPBU tersebut. Terlihat truk warna putih bernopol B 9534 JH itu melaju dari arah barat ke timur atau dari Mangkang menuju Jerakah dengan kecepatan tinggi di lajur kanan. Tiba-tiba truk langsung belok mengarah masuk ke dalam SPBU yang berada di sebelah kiri jalan.

Sementara, Suyati yang mengendarai sepeda motor H 6828 U, melaju dari arah bersamaan disamping kiri truk, langsung dihajar dan terseret lebih dari 15 meter, karena masih tersangkut di bamper. Truk yang dikemudikan oleh Isnin Zaenul, 23, warga Kumesu Reban, Kabupaten Batang, ini baru berhenti setelah masuk halaman SPBU.

Sementara korban meninggal di lokasi kejadian lantaran mengalami luka berat di bagian kepala. Kejadian ini sempat menyita warga maupun pengendara motor yang sedang mengisi BBM di SPBU. Petugas yang mendapat informasi kejadian ini langsung menuju lokasi kejadian dan melakukan identifikasi.

Kasat Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi mengatakan, pengemudi truk kurang berhati-hati dalam mengemudi. Dalam Undang-Undang lalu lintas nomor 22 tahun 2009, pengemudi dalam melakukan perubahan arah itu wajib memberikan sinyal atau tanda berupa lampu.

“Kemudian juga memperhatikan arus kendaraan, di mana sisi ketika akan berbelok, bisa menggunakan spion. Itu dugaan awal, pengemudi truk tidak melakukan hal-hal tersebut,” ungkap tegas Ardi kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (6/3).

Pengemudi truk tersebut juga telah diamankan dan dimintai keterangan. Saat inipun, pihaknya masih melakukan penyelidikan mendalam terkait kasus ini. Akibat kejadian ini, pengemudi akan dijerat dengan acamam pasal 310 ayat 4, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. “Bisa dipastikan yang bersangkutan lalai dalam mengemudikan kendaraanya,” katanya. (mha/zal)