Mading Tingkatkan Kreativitas Menulis

233
LATIH KREATIVITAS : Dengan program kemitraan UM Magelang meningkatkan kapasitas siswa SD/MI melalui majalah dinding. (IST)
LATIH KREATIVITAS : Dengan program kemitraan UM Magelang meningkatkan kapasitas siswa SD/MI melalui majalah dinding. (IST)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID –  Program Kemitraan Universitas (PKU) Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang mulai menyasar Sekolah Dasar  atau Madrasah Ibtidaiyah (MI).  Kali ini, PKU peningkatan kapasitas siswa melalui
majalah dinding.

Minzani Aufa S.Pd.I, M.Pd  dosen program studi PGMI menjadi ketua PKU bagi Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Meduro melalui majalah dinding melatih kreativitas menulis dan gemar membaca siswa.

Minza menjelaskan, timnya yang beranggotakan  Norma Dwi Shalikhah M.Pd.I (dosen prodi PGMI) dan Ayu Faiza Algifahmy, M.Pd  (dosen prodi Studi PAI)  melakukan  kegiatan selama tiga bulan mulai bulan Januari  hingga Maret 2018.

Minza menjelaskan, majalah dinding dapat menjadi media atau sarana berlatih yang menarik sesuai dengan perkembangan siswa untuk membina kreativitas menulis dan modal penanaman gemar membaca kepada siswa.  Melalui media majalah dinding, kata Minza, anak akan dirangsang untuk mulai tertarik dengan budaya literasi yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.

“Sehingga hal ini menekankan pada gaya belajar siswa berkaitan dengan gaya belajar visual, kinestetik, dan linguistik yang ada, “ tegasnya.

Sebelum melakukan PKU, pihaknya telah melihat kondisi objektif yang ada di MIM Meduro. Selanjutnya mengadakan kegiatan yakni menulis, pelatihan pengembangan majalah dinding, praktik pembuatan majalah dinding  serta pendampingan dalam pembuatan majalah dinding.

Kepala MIM Meduro, Asmawati Khadimah Nur, S.Pd.I mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh dosen UM Magelang telah memberikan pencerahan terhadap perbaikan manajemen peserta didik.

“Saya berharap dengan menulis dan gemar membaca akan berpengaruh terhadap peningkatan prestasi hasil belajar siswa MIM Meduro,” tandas Asmawati. (vie/sct/lis)

Silakan beri komentar.