BBWS Tetap Siagakan Pompa

328

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Balai besar wilayah sungai (BBWS) Pemali- Juana tetap menyiagakan pompa di wilayah Kaligawe, walaupun banjir di daerah tersebut sudah surut. Total ada 12 pompa yang disiagakan jika sewaktu-waktu hujan lebat hingga menyebabkan banjir dan rob di wilayah tersebut.

Kepala BBWS Pemali Juana Ruhban Razziyatno mengatakan, selain mensiagakan pompa, pihaknya juga melakukan pembersihan saluran sungai dari sampah. Hal tersebut bertujuan agar aliran sungai lancar, jadi ketika hujan tiba tidak menyebabkan penyumbatan aliran yang mengakibatkan limpasan air sungai ke perkampungan warga atau Jalan Kaligawe. “Kami terus melakukan pembersihan saluran-saluran yang tersumbat dan menyiagakan 12 pompa untuk mengantisipasi apabila terjadi genangan saat hujan tiba,” katanya kemarin.

Ia menjelaskan, pada genangan terjadi, Februari lalu, Kementrian PUPR melalui BBWS Pemali-Juana menambah menambah pompa dengan mengirimkan sebanyak 5 mobil pompa berkapasitas 200 liter/detik dari BBWS Ciliwung Cisadane, Jakarta. Mobil pompa tersebut kini masih  ditempatkan di Babon sebanyak 2 unit, Polsek Genuk 1 unit, Masjid Sringin 1 unit, dan Makam Sringin 1 unit. “Pompa lainnya yakni Pompa BBWS Bengawan solo 1 unit ditempatkan di  Sringin Baru,  Pompa BBWS Cimanuk Cisanggarung sebanyak 2 unit di  ditempatkan di Kisdam Sringin Baru,” ucapnya.

Banjir yang terjadi February lalu sendiri meninggalkan jalan rusak yang membahayakan pengendara, bahkan menyebabkan kemacetan , saat ubu mukai melakukan perbaikan dibeberapa ruas jalan yang rusak. “Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah VII, sudah melakukan perbaikan diruas jalan yang sudah kering dan mengalami kerusakan,” tambahnya.

Kepala BPJN VII Hery Marzuki, menerangkan jika perbaikan jalan yang rusak dilakukan dengan melakukan pengupasan agregat dan aspal diatas beton . “Cara ini dilakukan sehingga tidak perlu penambalan baru pada lobang yang ada dan dilakukan penambahan concretenya,”katanya. (den/zal)