BERKARAKTER ISLAMI : Sebelum pembelajaran, siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Kabupaten Magelang melakukan tadarus dan menghafal Alquran. (DOK SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN)
BERKARAKTER ISLAMI : Sebelum pembelajaran, siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Kabupaten Magelang melakukan tadarus dan menghafal Alquran. (DOK SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID – Komitmen SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Kabupaten Magelang memajukan generasi bangsa serius dijalankan. Mengacu kepada visinya yaitu “Menjadi SMK yang Berkarakter Islami, Unggul,  dan Berjiwa Entrepreneur”, berbagai kegiatan pendukung dilakukan.

“Kami bertekad mencetak generasi yang tidak hanya pandai dalam akademis, tapi mampu berdaya saing dalam berwirausaha”, kata Kepala SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Untung Supriyadi SPdI.

Bagi Untung, semua itu harus dikuatkan dengan karakter Islami. Inilah wujud sebenarnya Pendidikan Muhammadiyah. Program tersebut di antaranya berpakaian Islami bagi seluruh warga sekolah, menunaikan salat Dhuha berjamaah, serta melaksanakan tadarus dan hafalan Alquran sebelum pembelajaran dimulai.

“Target yang akan dicapai adalah siswa mempunyai bekal hafalan minimal Juz 30 setelah lulus,” ujarnya.

Sedangkan mencetak generasi unggul, pihaknya bekerjasama dengan beberapa instansi untuk peningkatan kompetensi siswa. Program unggulannya, yakni Sertifikasi Internasional MS Office 2007 dari NIIT India. Selain itu, pihaknya juga memprogramkan Sertifikasi Cisco Certified Network Associate. Program ini berupa pelatihan lain seperti Network & Software Development Training, Web Development dan Desain Grafis juga menjadi program unggulan untuk jurusan teknik komputer dan jaringan.

“Program unggulan lain, adanya laboratorium yang memadai sesuai prodi, misal Bank Mini untuk jurusan Perbankan Syariah. Sedangkan untuk jurusan Administrasi perkantoran bekerjasama dengan ASPAPI untuk meningkatkan kompetensi siswa.” (put/sct/ton)