Gairah Istri Kurang, Suami Meradang

309

Tanya dr Andi:

RADARSEMARANG.COM – Saya seorang istri berusia 34 tahun. Entah kenapa sudah beberapa bulan ini rasanya mudah capek dan malas melayani suami. Emosi juga mudah meninggi. Sebetulnya kasihan dengan suami, tapi akhir-akhir ini ia juga sering marah-marah. Bagaimana agar gairah saya meningkat sehingga bisa melayani suami dengan baik dok. Terimakasih dr Andi.

(D di Sm)

Jawab dr Andi:

Gairah yang normal itu biasanya timbul setiap beberapa hari atau paling tidak setiap minggu pasti muncul. Bila tidak bergairah dalam waktu beberapa bulan, perlu dicari apa penyebabnya.

Gairah yang wajar itu akan muncul dalam beberapa keadaan: 1) Badan yang bugar, otot sendi dan tulang yang kuat dan lentur, kapasitas jantung dan paru sesuai dengan rata-rata orang seusia. Sehingga bila bergerak tidak ada keluhan kaku, pegal, atau nyeri sendi dan otot.

2) Kadar hormon seksual yang seimbang dan cukup tinggi, sehingga dengan rangsangan sedikit saja sudah ada peningkatan gairah. Pada wanita memang gairahnya tidak muncul sedrastis pada pria. Tapi bila ada pemicu, maka si wanita akan dengan nyaman melayani suaminya.

3) Keadaan emosional, pikiran, dan jiwa yang tenang dan stabil. Tiap orang punya beban sendiri yang kadang berat. Tapi, bila punya mekanisme pertahanan jiwa yang baik, bisa menghadapi tekanan dan stress secara positif, optimistis dan tetap realistis. Seringkali orang yang terlalu banyak berpikir terlalu jauh ke depan, akan menghadapi tekanan dari dirinya sendiri. Ini perlu mengelola stres dan tekanan agar tetap waras dan bersemangat. Bila terus-terusan stress, akan menurunkan gairah seksual. Akhirnya kehidupan rumah tangga terancam hambar dan hampa.

4) Makanan dan nutrisi yang seimbang. Banyak istri yang diet ketat dan ekstrim sehingga mengurangi tenaga dan sering lapar, ini juga menurunkan gairahnya. Diet yang berat harus dengan bimbingan dokter agar tetap efektif turun berat badannya dan juga kualitas kehidupan seksual tetap terjaga.

5) Bagi yang jarang olah raga, perlu dirutinkan. Mulai dengan yang ringan, misalnya jogging ringan di dalam rumah atau sekitar rumah. Mulai 20-30 menit saja dulu, lakukan tiap hari, dalam seminggu 3-5 kali. Tidak usah cari olah raga yang sulit2  untuk memulai. Nanti kalau sudah terbiasa, silakan berlanjut ke olah raga lain yang lebih berat.  (www.dokterAndi.com)