Asin Gurih Menggugah Selera

Tren Kuliner Serba Saus Telur Asin

631
BANYAK DIREQUEST : Menu Prawn Salted Egg dari Verve Bistro menjadi salah satu favorit pengunjung. (Nurchamim/jawa pos radar semarang)
BANYAK DIREQUEST : Menu Prawn Salted Egg dari Verve Bistro menjadi salah satu favorit pengunjung. (Nurchamim/jawa pos radar semarang)

RADARSEMARANG.COM – Sajian berlumur saus telur asin belakangan menjadi salah satu tren kuliner. Kreasi ala salted egg pun hadir membalut ragam sajian mulai dari camilan hingga makanan berat.

Diantaranya, keripik ikan telur asin, produk UMKM olahan Dyah Inung ini menjadi salah satu yang cukup kekinian. Awalnya, pemilik merek Nung Nung ini sekedar berkecimpung di pembuatan telur asin. Terinspirasi dari sajian saus telur asin di Singapura, ia pun mulai melakukan diversifikasi produk dengan menghadirkan saus telur asin.

“Belakangan menu-menu dengan lumuran saus telur asin cukup diminati, karena itu kami membuat khusus saus ala salted egg ini. Cukup praktis dan tidak perlu repot, tinggal ambil satu atau dua sendok dipanasin sekitar 3 menit, kemudian lumuri di atas sajian, bisa apa saja, ayam, cumi, udang, gurami dan lain-lain,” ujarnya.

Tak berhenti di sini, ia kembali berinovasi dengan menghadirkan camilan keripik kulit ikan telur asin. Renyahnya keripik berpadu dengan asin gurih dari telur asin yang telah masir menghadirkan citarasa yang cukup nikmat.

“Saya ingin mempopulerkan saus telur asin yang telah terlebih dahulu diluncurkan. Melihat ada peluang, lantas sekalian bikin camilannya, saya pilih kulit ikan karena bisa dijadikan keripik yang dapat menyerap masir-masirnya telur asin,” ujar Inung.

Sejauh ini, lanjutnya, minat pasar cukup baik. Selain pemasaran offline melalui bazar kuliner, pemasaran online melalui sosial media juga dilakukan untuk menggaet pelanggan, baik dari dalam maupun luar Semarang.

Tingginya minat pecinta kuliner akan sajian bernuansa telur asin, menjadikan sejumlah resto maupun hotel tak ketinggalan menghadirkan kreasi menu-menu tersebut. Prawn Salted Egg ala Verve Bistro salah satunya.

Renyahnya udang masak tempura terasa semakin nikmat dengan kombinasi telur asin di dalam adonan. Ditambah lagi dengan sajian pelengkap berupa jamur, kacang merah, dan edamame.

“Kuning telur asin yang telah dibumbui lantas dikukus. Setelah itu dikombinasikan dengan adonan lain untuk membuat udang tempura. Hasilnya udang tempura crispy dengan rasa yang lebih gurih tanpa meninggalkan rasa asli udang. Selain itu, kuning dari telur asin juga memberikan warna alami yang cukup menarik untuk menggugah selera,” ujar Head Chef Verve Bistro, Rikki Zulfikri.

Menurutnya, sajian dengan memanfaatkan telur asin sebagai salah satu kombinasi bumbu banyak dikenal dari olahan chinese food. Lantas kreasi semakin berkembang. “Salah satunya ya menu yang kami sajikan ini. Inspirasi memang dari chinese food, tapi kami tetap menonjolkan baik dari segi tampilan maupun citarasa yang berbeda,” ujarnya. (dna/ric)

Silakan beri komentar.