RADARSEMARANG.COM, KENDAL – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jateng nomor urut satu Taj Yasin (Gus Yasin) mulai melakukan kampanye dukungan. Rabu (28/2) kemarin, Wakil Cagub Ganjar Pranowo itu sowan ke sejumlah tokok agama dan tokoh masyarakat di Kendal.

Sedikitnya ada 22 tokoh yang disambangi dengan rata-rata adalah tokoh agama Kiai dan Ulama. Tokoh tokoh agama tersebut tersebar diseluruh 20 Kecamatan di Kendal. Selain pimpinan ormas Islam seperti Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kendal, KH Danial Royyan dan Ketua PC Muslimat NU Kendal, Hj Ulya.

Ketua PCNU Kendal, KH Danial Royyan mengatakan jika pihaknya secara pribadi memang mendukung pasangan nomor urut satu. Salah satu alasannya lantaran Ia pernah menjadi santri dari KH Maimun Zubair yakni ayah dari cawagub Taj Yasin. “Jadi ayahnya Taj Yasin adalah guru saya,” tuturnya.

Selain itu elektabilitas pasangan nomor satu itu menurutnya lebih tinggi ketimbang cagub lainnya. Sehingga hal itu menunjukkan rasa kepercayaan masyarakat lebih tinggi. “Orang awam seperti saya ini dukungnya yang sudah terlihat menang saja,” tandasnya.

Dukungannya itu menurutnya bukanlah atas nama NU di Kendal, melainkan dukungan pribadi saja. Sebab NU secara organisasi tidak boleh memihak parpol. NU harus kembali ke khitoh tidak boleh mendukung.  “Tapi orang-orang NU ini secara pribadi itukan punya hak politik dan hak untuk mendukung,” tandasnya.

Makanya untuk di Kendal, ia mewanti-wanti kepada seluruh tim pemenanan Cagub Cawagub Jateng nomor urut satu untuk memasang gambar dirinya ataupun KH Izzudin sebagai pimpinan PCNU di Kendal.

Sementara Taj Yasin Maimun mengatakan kunjungan ke tokoh-tokoh  agama dan tokoh masyarakat itu untuk bersilahturahmi dan meminta dukungan untuk maju sebagai Cawagub. “Kiai-kiai  yang ada di Kendal rencana akan kami sowani. Karena bagi kami semua Kiai adalah orang tua kami. Jadi sudah sewajarnya sebagai anak mohon doa restu pada orang tuanya,” paparnya.

Kunjungan Taj Yasin ke Kiai dan tokoh masyarakat di Kendal itu didampingi oleh Ketua DPC PPP Kendal, Mustamsikin. Ia mengaku untuk kemenangan pasangan nomor urut satu memang selain parpol juga butuh dukungan tokoh  agama dan tokoh masyarakat serta relawan.

“Dengan dukungan-dukungan dari para tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kendal ini, kami PPP menargetkan kemenangan untuk pasangan Cagub nomor urut satu bisa mencapai 70 persen,” tandasnya. (bud/bas)