Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Anggota Satbinmas Jalani Tes Urine

131

KOTA – Propam Polres Kudus menggelar tes urine terhadap seluruh anggota Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas). Hal itu untuk mengetahui ada tidaknya yang memakai narkoba. Tes urine dilakukan dadakan usai apel pagi di halaman Mapolres Kudus, Senin (26/2) lalu.

Sedikitnya 16 personel dites di ruang Kedokteran Polisi (Dokpol) Polres Kudus. Satu per satu anggota diminta bergantian buang air kecil di toilet untuk diambil sampel urine. Agar anggota tidak bisa berbuat curang, sejumlah anggota Propam berjaga di toilet.

Kasi Propam Polres Kudus Ipda T. M Effendi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan operasi penegakan ketertiban dan disiplin (gaktibplin). Salah satu sasarannya, penyalahgunaan narkoba dengan melaksanakan pemeriksaan urine.

”Pemeriksaan urine dilakukan berkala terhadap seluruh anggota Polres Kudus maupun jajaran polsek. Kegiatannya juga tidak kami informasikan. Jadi secara mendadak,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, diadakannya tes urine sebagai pengawasan internal guna mencegah keterlibatan anggota Polri. Khususnya anggota Polres Kudus terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

”Kami tidak akan memberi toleransi jika ada anggota yang positif mengonsumsi zat adiktif. Jika ada petugas yang positif kami kenakan tindakan tegas sesuai prosedur yang berlaku. Alhamdulillah, hasilnya negatif semua. Jadi tidak ada anggota satbinmas yang penyalahgunakan narkoba,” ungkapnya.

(ks/ruq/lil/top/JPR)

Silakan beri komentar.