AUDISI: Salah satu perserta audisi Sinden Idol ke-3, tahun 2016 lalu di Kampung Budaya UNNES kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
AUDISI: Salah satu perserta audisi Sinden Idol ke-3, tahun 2016 lalu di Kampung Budaya UNNES kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Melestartikan kebudayaan Jawa di bidang tarik suara, Universitas Negeri Semarang (UNNES) kembali menyelenggarakan ajang pencarian sinden muda dengan menggelar Sinden Idol. Ajang dua tahunan ini dibuka untuk kategori pelajar SMP-SMA/sederajat dan mahasiswa/umum.

Ketua panitia Sinden Idol 4, Prof Agus Nuryatin, mengatakan, penyelenggaraan Sinden Idol kali ini juga menyasar kalangan mahasiswa asing, apalagi mereka yang tertarik untuk menekuni dunia persindenan. Selain itu juga menyasar generasi muda sebagai langkah mencari bibit unggul seorang sinden.

“Ajang ini bukan hanya mencari bibit muda, namun juga memberi bekal untuk menjadi sinden yang berperilaku sejalan dengan adab dan budaya Jawa,” katanya saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (27/2).

Menurutnya pembekalan karakter dan nilai luhur yang diberikan, nantinya setelah lulus dari ajang Sinden Idol diharapkan para sinden bisa menjadi contoh bagi sinden lainnya. Sekedar informasi, ajang Sinden Idol awalnya digelar pada tahun 2012 lalu, dilanjutkan pada tahun 2014 dan yang terakhir pada tahun 2016 lalu. “Pendaftarannya bisa dilakukan secara online dan offline,” jelas pria yang juga Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Unnes ini.

Secara online, pendaftaran bisa dilakukan melalui laman unnes.ac.id. Untuk memudahkan calon peserta, panitia juga menyediakan fasilitas dengan mengikuti audisi tahap 1 melalui unggah video melalui laman yang sama. Namun, panitia juga memberi kesempatan bagi peserta yang ingin audisi secara langsung. “Dari dua kategori, panitia akan menjaring kembali dalam audisi tahap 2 sebelum dilakukan final pada 21 April mendatang, pada final nanti akan diambil 10 besar untuk mencari siapa yang terbaik,” ujarnya.

Terpisah, wakil ketua panitia, Bintang Hanggoro Putro, mengatakan audisi tahap 2 akan mencari 10 peserta terbaik untuk masing-masing kategori yang akan tampil dalam babak final. Sebanyak 10 peserta itu sebelumnya akan menjalani karantina. (den/zal)