Orang Tua Harus Cerdas di Era Digital

404
MELEK TEKNOLOGI: Dosen UPGRIS Yanuar Hery Murtianto saat sosialisasi gerakan literasi digital yang digelar tim KKN UPGRIS di Desa Kebumen, Banyubiru, Kabupaten Semarang. (ISTIMEWA)
MELEK TEKNOLOGI: Dosen UPGRIS Yanuar Hery Murtianto saat sosialisasi gerakan literasi digital yang digelar tim KKN UPGRIS di Desa Kebumen, Banyubiru, Kabupaten Semarang. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, BANYUBIRU – Tidak bisa dipungkiri gadget seperti sudah menjadi gaya hidup. Bahkan anak-anak saat ini sudah pandai memainkan gadget. Tapi, jika itu dijadikan sebagai pengganti kasih sayang kepada anak, maka dia akan mengalami permasalahan saat tumbuh menjadi dewasa.

Dosen Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi (FPMIPATI) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Yanuar Hery Murtianto SPd MPd, berhasil membuka pikiran masyarakat Desa Kebumen, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang untuk lebih sadar dalam mengawasi dan membatasi anak-anak mereka dalam bermain gadget.

Dikatakan, dengan menyediakan gadget yang dilengkapi beberapa aplikasi favorit anak di dalamnya, bukan berarti orang tua bisa lepas tangan dari kewajibannya untuk memberikan perhatian dan kasih sayang yang semestinya. “Sebab, pada dasarnya tak ada hal yang bisa menggantikan kasih sayang orang tua kepada buah hatinya,” kata Yanuar saat menjadi narasumber sosialisasi gerakan literasi masyarakat bertema “Orang Tua Cerdas di Era Digital” yang digelar tim KKN UPGRIS Desa Kebumen, Jumat (23/2) lalu di aula desa setempat.

Menurut Yanuar, banyak orang tua menganggap makna literasi digital itu hanya sebatas mempublikasikan suatu hal ke dalam internet tanpa melihat dampak negatifnya. Namun sesungguhnya literasi digital adalah upaya sadar untuk membantu individu semakin selektif dalam mengakses media baru, bisa menganalisis, kritis terhadap isinya, mampu mengevaluasi, memiliki kesanggupan merespons, serta mampu mengoptimalkan pemanfaatan informasi yang diperoleh dari media baru untuk hal-hal yang produktif bagi kehidupannya.

Ketua Tim KKN UPGRIS Desa Kebumen, Dumadi, berharap dengan adanya sosialisasi gerakan literasi digital ini, kesadaran orang tua di Desa Kebumen semakin meningkat, sehingga mampu mencerdaskan kehidupan bangsa yang melek teknologi serta mampu memanfaatkan kemajuan IPTEK untuk hal-hal yang produktif. (bis/aro)