Juara I Baris Berbaris, SMAN 1 Purwodadi Maju ke Jateng

160

PURWODADI – SMA N 1 Purwodadi berhasil menjadi juara dalam kejuaraan Tata Upacara Bendera (TUB) dan Baris Berbaris (BB) antar SMA, MA, dan SMK se-Kabupaten Grobogan di GOR Simpang Lima Purwodadi. Kejuaraan yang diikuti oleh 25 SMA sederajat tersebut digelar selama tiga hari, Kamis-Sabtu (22-24/2) lalu.

Juara dua diraih SMAN 1Grobogan dan juara tiga diraih SMAN 1 Kradenan. Sedangkan juara harapan 1 diraih MAN Purwodadi, juara harapan dua diraih SMKN 1 Purwodadi, dan harapan tiga diraih SMKN 2 Purwodadi.

Kepala SMAN 1 Purwodadi Aris Supriyadi mengaku bangga dan senang peserta didiknya bisa unggul dalam prestasi untuk mewujudkan visi sekolah sekaligus pembentukan karakter. Yaitu memiliki rasa cinta tanah air, rasa nasionalisme dan patriotisne, serta menumbuhkembangkan jiwa korsa persatuan kesatuan.

”Harapan ke depan lebih bagus lagi karena maju ketingkat karesidenan sehingga prestasi bisa diraih lagi. Kami menghargai kreativitas dan inovasi anak-anak dengan latihan yang gigih sekarang merasa puas atas hasil kerjanya,” kata Aris Supriyadi.

Selain itu, SMAN 1 Purwodadi dalam waktu yang sama juga maju ke tingkat provinsi dalam lomba sekolah Adiwiyata. Yakni mewujudkan sekolah Adiwiyata dengan semboyan Cemerlang (Cerdas, Mandiri, Berprestasi dan Peduli Lingkungan).

”Ke depan sekolah Adiwiyata di SMAN 1 Purwodadi harus terealisasi,” ujarnya.

Kabid Pemuda Disporabudpar Grobogan Eko Priyono mengatakan, lomba TUB-BB bertujuan meningkatkan kedisiplinan, kesehatan jasmani, dan rohani serta kreativitas di kalangan generasi anak muda. Selain itu, juga untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, semangat kebangsaan dan menghargai jasa para pahlawan.

”Pemenang dari lomba TUB-BB ini akan mewakili Kabupaten Grobogan tingkat Jawa Tengah di Kendal pada 20-21 Maret,” kata Eko Priyono.

Dikatakannya, jumlah sekolah yang mengikuti lomba tingkat kabupaten 25 peserta. Dari SMA 12 sekolah, SMK 8 sekolah, dan MA 5 sekolah. Dijelaskan, untuk lomba tersebut setiap peserta mendapatkan waktu 30 menit untuk kategori TUB-BB.

”Penilaian yang dilakukan dewan juri adalah 99 gerakan. Di antaranya meliputi keserasian gerak, kekompakan dan semangat,” terang dia.

(ks/mun/zen/top/JPR)

Silakan beri komentar.