Pak Dirman Sambangi Pengungsi Longsor

434
BENCANA: Calon Gubernur Jateng, Sudirman Said saat di pengungsian korban tanah longsor di Brebes. (ISTIMEWA)
BENCANA: Calon Gubernur Jateng, Sudirman Said saat di pengungsian korban tanah longsor di Brebes. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, BREBES – Calon Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said mengunjungi tempat pengungsian bencana alam tanah longsor di Desa Windusakti, Kecamatan Salem Kabupaten Brebes,  Jumat (23/2) malam. Sebagai warga asli Brebes, ia jelas mengaku sedih dan berharap tidak terjadi bencana serupa di seluruh wilayah Jateng.

pria yang akrab disapa Pak Dirman itu mengaku butuh perjuangan untuk bisa mencapai tempat pengungsian. Sebab, kondisi jalan yang cukup sempit dan masih banyak material yang berserakan. Dalam kesempatan itu Pak Dirman sempat silaturahim ke rumah warga. “Di sini ada 800 warga yang mengungsi dari Desa Capar, Kecamatan Salem. Di Desa Pasir Panjang juga ada pengungsi, kami doakan warga disini tetap sehat selalu,” katanya saat menyambangi lokasi pengungsian.

Ia berharap seluruh korban segera ditemukan dan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan.  “Kita mendoakan keluarga yang ditinggalkan korban diberikan ketabahan. Semoga cuaca cepat bersahabat sehingga keadaan bisa normal kembali,” ungkapnya.

Pak Dirman menyampaikan, kehadirannya ke lokasi pengungsian adalah sebagai warga Brebes yang ikut merasakan duka mendalam atas bencana yang menimpa warga Brebes. Karenanya ketika ada warga yang meneriakkan: “Hidup Pak Dirman!” Pak Dirman menukasnya: “Kampanyenya nanti saja!”

Dalam kesempatan itu Pak Dirman sempat berdialog dengan pengungsi yang ditampung di Balai Desa Windusakti, serta aparat desa. Melihat banyaknya terjadi bencana, penting untuk pembangunan berwawasan lingkungan. Pemerintah dan masyarakat harus bersinergi untuk terus menjaga lingkungan dan tidak merusaknya. “Lingkungan harus dijaga, hutan jangan digunduli agar banjir dan tanah longsor bisa dicegah sejak dini,” tambahnya. (fth/bas)