SOSIALISASI: Mahasiswi KKN UPGRIS, Elizabeth Dian Saraswati, saat sosialisasi penggunaan media sosial dengan bijak di SMP IT PAPB Semarang. (ISTIMEWA)
SOSIALISASI: Mahasiswi KKN UPGRIS, Elizabeth Dian Saraswati, saat sosialisasi penggunaan media sosial dengan bijak di SMP IT PAPB Semarang. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Kelurahan Palebon, Pedurungan, menggelar sosialisasi “Penggunaan Media Sosial dengan Bijak” yang diselengarakan di SMP IT PAPB Semarang,  Selasa (20/2) lalu. Kegiatan ini diikuti sebanyak 228 siswa kelas VII–VIII. Materi sosialisasi disampaikan oleh salah satu mahasiswi KKN UPGRIS, Elizabeth Dian Saraswati.

Dian Saraswati memaparkan dampak negatif dan positif dari penggunaan media sosial (medsos) di kalangan remaja.

Dikatakan, hampir semua remaja, khususnya siswa sekolah kini memiliki gadget yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai informasi di dunia maya. Baik yang positif maupun negatif. Misalnya, untuk mencari materi pelajaran sekolah, maupun sekadar membuka media sosial. “Untuk itu, perlu adanya pendampingan atau perhatian khusus dari orang tua kepada anak, termasuk guru dan masyarakat sekitar,” katanya.

Sosialisasi tersebut disambut antusias para siswa dan guru setempat. Terbukti, saat dibuka sesi tanya jawab, para siswa langsung mengajukan pertanyaan. Salah satunya, Rinjani, siswi kelas 8A yang menanyakan dampak positif dan negatif dari internet.

Acara yang berlangsung selama 90 menit itu dimeriahkan  pembagian doorprize oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) KKN UPGRIS di Kelurahan Palebon, Duwi Nuvitalia SPd MPd, serta penyampaian janji sumpah bersama yang diikut para siswa. “Hari ini saya adalah agen perubahan informatika, menggunakan internet dengan bajak,” kata para siswa.  (bis/aro)