Belum Setahun Diperbaiki, Jembatan Putus

Warga Candirejo Pringapus Terisolasi

478

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Jembatan penghubung Desa Jragung, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak dengan Dukuh Sapen, Desa Candirejo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang putus, Kamis (22/2) sekitar pukul 04.00. Jembatan yang belum setahun diperbaiki dengan dana Rp 649,7 juta oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Semarang ini ambrol sepanjang 15 meter dengan lebar 2,75 meter. Praktis, akibat putusnya Jembatan Sunut ini aktivitas warga Dukuh Sapen lumpuh total, bahkan terisolasi.

Kades Candirejo, Haryoto, mengungkapkan, ambrolnya Jembatan Sunut itu bukan karena kualitas bangunan yang buruk, namun lantaran tergerus banjir. Selain itu, kata dia, tanah di sekitar jembatan yang labil.   “Tanah di sini labil, semacam lempung jenisnya,” ujarnya.

Diakui, akibat putusnya jembatan tersebut melumpuhkan aktivitas masyarakat Dusun Sapen dan warga Kecamatan Karangawen, Demak.  Sedikitnya 214 kepala keluarga (KK) atau sekitar 580 jiwa warga Dukuh Sapen dan 158 KK atau 350 jiwa warga Dukuh Borangan sangat bergantung pada jembatan ini.  “Tidak ada warga yang ke pasar, anak-anak juga tidak bisa sekolah. Mau menyeberang, sungainya banjir. Jadi, kami benar-benar terisolasi,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Semarang, Totit Oktoriyanto, mengungkapkan, Pemkab Semarang akan segera mengirimkan surat ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun kembali jembatan tersebut.

Pihaknya berharap supaya Kementerian PUPR meluruskan aliran sungai yang mengalir di bawah jembatan Dusun Sapen. “Karena ambrolnya jembatan itu tergerus aliran sungai di bawahnya. Jadi, kita akan surati dulu Kementerian PUPR meminta supaya alirannya bisa diluruskan,” kata Totit.

Camat Karangawen, HM Syahri, mengatakan, akibat jembatan putus itu, warga harus memutar, karena jembatan itu satu-satunya akses keluar.

AKSES TERPUTUS: Jembatan Sunut yang putus sepanjang 15 meter, dan warga naik ke atas jembatan dengan tali. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
AKSES TERPUTUS: Jembatan Sunut yang putus sepanjang 15 meter, dan warga naik ke atas jembatan dengan tali. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)