BAN-PT Visitasi Akreditasi Prodi Teknik Sipil

417
TINGKATKAN KUALITAS : Para asesor melakukan visitasi ke Unisfat Demak, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TINGKATKAN KUALITAS : Para asesor melakukan visitasi ke Unisfat Demak, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kembali melakukan visitasi di Universitas Sultan Fatah (Unisfat) Demak. Kali ini, yang dilakukan BAN-PT adalah visitasi untuk program studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik.

Rektor Unisfat Demak, Dra Suemy MSi mengatakan bahwa visitasi tersebut merupakan event rutin rangkaian perpanjangan program studi (prodi) di Unisfat. Menurutnya, asesmen lapangan telah dilakukan 21 hingga 23 Februari. Asesor yang ditunjuk adalah Dr Rudi Jamaludin dari Universitas Hasanudin Dr Johanes Adhiyoso Tjandra dari Universitas Parahyangan Bandung.

“Tujuan kunjungan ke Unisfat untuk mengecek kesesuaian antara boring yang telah dikirim dengan kondisi senyatanya. Yakni, apakah ada yang kurang atau justru melebihi,” katanya, kemarin.

Berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang standar nasional perguruan tinggi masing-masing harus melampaui standar tersebut, termasuk sesuai dengan visi misi PT terkait. Standar yang dimaksud adalah visi misi, tujuan, sasaran, strategi pencapaian, tata pamong, kepemimpinan, system pengelolaan dan penjaminan mutu. Selain itu, terkait kemahasiswaan dan kelulusan, SDM, kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik. “Standar lainnya berupa pembiayaan, sarana prasarana, sistem informasi, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kerjasama,” kata Suemy.

Terkait standar itu, kata dia, asesor meneliti semuanya. Visitasi tersebut juga bagian dari kebijakan nasional dalam penjaminan mutu internal. “Setelah ini, Prodi yang akan divisitasi berikutnya adalah prodi teknik aristektur yang habis masa akreditasinya Februari 2018 ini. Kemudian, prodi teknik elektro yang habis akreditasinya April 2018 serta prodi system computer yang juga habis April nanti,” katanya.

Rektor Suemy menambahkan, pihaknya juga mengajukan percepatan akreditasi prodi administrasi negara dan prodi pendidikan agama Islam untuk mengejar peringat B. (hib/ida)