Gelapkan Motor di 31 Lokasi

371

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Jajaran Reskrim Polsek Sidorejo menangkap AY alias Gering, 27, warga Dusun Banjarsari Desa Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang, Minggu (18/2). Gering diduga telah melakukan aksi penipuan dan penggelapan di 31 lokasi.

Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kasubag Humas Polres Salatiga Kompol I Nyoman Suasma menuturkan, penangkapan ini berdasarkan laporan Nanik Meliyani, 26, warga Dusun Kunciputih Desa Jatirunggo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Pada Kamis (15/2) sekitar pukul 07.00 WIB, korban diajak bertemu pelaku di daerah Merakmati, Bawen. Tujuannya, korban dijanjikan  akan dicarikan pekerjaan.

Selanjutnya, korban diajak putar-putar ke daerah Bandungan dan Salatiga dengan maksud akan pinjam mobil di rental. “Dan setelah sampai di bawah JPO Kauman Jalan Diponegoro Salatiga, korban disuruh menunggu, selanjutnya pelaku membawa motor Honda Beat milik korban. Namun setelah ditunggu lama, tidak juga kembali,” terang Nyoman Suasma.

Sadar menjadi korban penipuan, Nanik melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sidorejo. Pada hari Minggu, korban menghubungi pelaku lewat FB dan ternyata direspon oleh Gering. Pelaku menyepakati akan mengembalikan motor korban asal membayar Rp1 juta. Ketika bertemu korban di tempat yang disepakati, pelaku langsung diringkus polisi.

Yang mengejutkan, dari pemeriksaan petugas, pelaku mengaku telah beraksi di berbagai wilayah. Di kota Salatiga ada 9 TKP. Selain itu di Magelang beraksi pada 2 lokasi, Boyolali (6), Kota Semarang (3), Ambarawa (2), Purwokerto (1), Suruh (2), Muncul (3), Tengaran (1), Getasan (1) dan Surakarta (1). (sas/ton)