Prioritaskan Kesehatan Masyarakat

351

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Persoalan kesehatan masyarakat menjadi perhatian serius DPRD Jateng. Dewan pun mulai menggagas rancangan peraturan daerah (Raperda) Sistem Kesehatan di Jateng. Hal itu sebagai upaya memberikan perlindungan kesehatan dan kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi masyarakat.

Sekretaris Komisi E DPRD Jateng,  Abdul Hamid mengatakan semangat menyusun Raperda ini adalah semangat mengiimplementasikan Sistem Kesehatan Nasional (SKN) di daerah. Ia ingin lebih mendetailkan SKN ini dengan kondisi Jateng yang memiliki permasalahan khas. “Ini sebagai upaya agar bisa melindungi masyarakat Jateng. Karena jelas persoalan di daerah berbeda-beda,” katanya.

Ia menambahkan, penyusunan Perda ini berangkat dari berbagai masalah yang ada di daerah sebagai data dasar. Persoalan ini sangat penting, mengingat kesehatan merupakan urusan wajib dan merupakan hak dasar bagi setiap masyarakat. “Jika payung hukumnya jelas, akan bisa menjadi proteksi. Dan ini sebagai upaya untuk menyadarkan akan pentingnya kesehatan bagi masyarakat,” tambahnya.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jateng, Joko Purnomo mengatakan Perda inisiatif Komisi E ini telah diperkenankan untuk diteruskan penyelesaiannya. Saat ini, dalam proses penyusunan naskah akademik dan membahasnya dengan seluruh stakeholder terkait. “Setelah ada draf akan diajukan ke Badan Musyawarah (Banmus) DPRD untuk dibahas bersama eksekutif. Karena ini juga sangat dibutuhkan Jateng,” ujarnya.

Joko menambahkan ada beberapa rambu-rambu dari pihak Kemenkes terkait Perpres No 72 tahun 2012. Meski begitu, selama tidak bertentangan dengan Perpres yang sudah ada maka tidak masalah. “Kami sudah meminta penjelasan dan berdiskusi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Hal ini dalam rangka mengumpulkan kerangka dasar raperda sekaligus memastikan regulasi yang akan disusun ini tetap sesuai dengan aturan sebelumnya,” tambahnya. (fth/ric)