Longsor, 5 Rumah Rusak, Jalan Putus

390
RAWAN LONGSOR: Longsor yang terjadi di wilayah Sukorejo RT 1 RW VII, Minggu (18/2) lalu. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
RAWAN LONGSOR: Longsor yang terjadi di wilayah Sukorejo RT 1 RW VII, Minggu (18/2) lalu. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG—Sebanyak lima rumah rusak akibat longsor yang terjadi di wilayah Sukorejo RT 1 RW VII, Gunungpati, Minggu (18/2). Selain itu, longsor juga mengakibatkan jalan kampung terputus. Rumah yang rusak tersebut masing-masing milik Wahadi, Sutarno, Nur Isman, Sungkono, dan Pamudji. Bahkan rumah milik Nur Isman roboh pada bagian belakangnya. Sedangkan rumah milik Wahyudi dan Sutarno sebelumnya pernah longsor pada tahun lalu.

Sutarno mengatakan, bencana longsor tersebut usai hujan deras mengguyur pada Sabtu (17/2) malam. Hingga pada Minggu (18/2) pagi, tiba-tiba tanah di sekitar rumahnya seperti berjalan.

“Tanah berjalan bahkan tanaman yang berada di depan rumah sampai bergeser ke bawah,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dia mengaku, rumahnya baru ditempati 2 bulan, tetapi halamannya sudah rusak akibat longsor. Pihaknya kini hanya bisa pasrah. Kemarin, warga bergotong royong memasang trucuk bambu untuk menahan longsor susulan.

Warga lainnya, Rumini, mengaku terpaksa harus pindah karena tanahnya longsor. Rencananya ia akan mengungsi di tempat saudaranya.

“Belum tahu mau tidur di mana, yang dikhawatirkan itu kalau nanti malam hujan, maka potensi longsor bisa terjadi lagi,” ujarnya.