Kampanye Kesehatan Dukung Sudirman-Ida

229
GRATIS : Komunitas Dokter Peduli (KDP) saat menggelar pengobatan gratis sebagai dukungan kepada Cagub-Cawagub Sudirman-Ida. (ISTIMEWA)
GRATIS : Komunitas Dokter Peduli (KDP) saat menggelar pengobatan gratis sebagai dukungan kepada Cagub-Cawagub Sudirman-Ida. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG  – Sebanyak 450 dokter spesialis yang tergabung dalam Komunitas Dokter Peduli (KDP) menggelar patungan untuk membantu kampanye calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut 2 Sudirman Said-Ida Fauziyah.

“Ini Pak Sudirman Said visi dan misinya sama dengan Anies-Sandi yang kita dukung di Pilgub Jakarta, yakni pemberdayaan umat dan ekonomi untuk masyarakat kecil dan kita peduli di sektor kesehatan, utamanya perempuan yang tidak tersentuh selama ini,” kata dr Yudhi Tuanaya.

Ia menambahkan, cagub-cawagub Sudirman-Ida yang diusung Partai Gerindra, PKB, PAN, dan PKS menargetkan kesehatan dan fokus pembangunan perempuan menjadi salah satu visi dan misi. Apalagi, banyak kasus yang melibatkan kesehatan. Salah satunya perempuan menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah. “Jadi kesehatan harus diprioritaskan di Jateng,” ujarnya.

Dalam kegiatannya, fokus utama kampanye sektor kesehatan ini adalah kesehatan wanita. Seperti menggelar pengobatan gratis di seluruh wilayah Jawa Tengah dan penyuluhan kesehatan untuk wanita. “Kegiatan pengobatan gratis ini sekaligus penyuluhan. Misalnya memeriksa apakah ada indikasi penyakit kanker yang diderita ibu-ibu, baik kanker mulut rahim, payudara maupun kanker kandungan,” tambahnya.

Selain itu, juga menangani Deteksi Kanker Serviks di IVA tes dan femicam. Deteksi Dini Kanker Payudara, USG Kebidanan dan Kandungan, periksa hamil, periksa kista, miom, keputihan. Penyuluhan kesehatan juga dilakukan untuk perempuan yang menderita penyakit kronis hingga ibu hamil. “Untuk ibu hamil bisa tahu nanti apakah anaknya laki-laku atau perempuan, sementara pasien kronis juga bisa dideteksi apakah ada indikasi kanker, asam urat, juga medical check up serta pengobatan seperti darah tinggi dan sejenisnya,” jelasnya.

Selain menerjunkan 450 dokter spesialis, KDP juga menurunkan perawat untuk membantu menyukseskan kampanye Sudirman-Ida di sektor kesehatan tersebut. Di Jateng, ada 35 Kabupaten/kota yang akan dilakukan kampanye kesehatan oleh tim dengan dana dari pribadi ratusan dokter tersebut. “Tentu ada banyak titik di Jateng, di Brebes saja ada 10 titik, dan untuk tempat lain nanti kami menunggu data dari tim Pamularsih. Ini semuanya kami gunakan dana mandiri infak dari tim dokter spesialis,” tambahnya. (fth/ric)