169 Sekdes Kabupaten Pekalongan Diuji Kompetensi

1666
UJI KOMPETENSI: Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, saat meninjau dan memberikan motivasi pada 126 Sekdes yang mengikuti uji kompetensi, di GPU Kajen. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
UJI KOMPETENSI: Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, saat meninjau dan memberikan motivasi pada 126 Sekdes yang mengikuti uji kompetensi, di GPU Kajen. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sebanyak 169 orang Sekretaris Desa (Sekdes) Pegawai Negeri Sipil (PNS) se-Kabupaten Pekalongan, Senin (19/2) kemarin  mengikuti kegiatan penilaian potensi dan kompetensi (assesement) atau uji kompetensi, yang dilaksanakan Pemkab Pekalongan bekerjasama dengan Unit Penilaian Kompetensi ASN Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah, di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kajen.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Pekalongan, H Totok Mulyanto, mengungkapkan bahwa kegiatan penilaian potensi dan kompetensi akan dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama sebanyak 96 peserta dan sesi II sebanyak 73 peserta.

“Kegiatan penilaian potensi dan kompetensi Sekdes PNS ini, bertujuan untuk mendapatkan data dan potensi Sekdes PNS secara riil, sebagai bahan kebijakan untuk melakukan penataan kembali ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar tepat dan sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh Sekdes PNS yang ada di Kabupaten Pekalongan,” ungkap Totok.

Sementara itu, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi mengatakan bahwa sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2007, tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan Sekretaris Desa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), dalam pasal 14 yang menyatakan bahwa Sekretaris Desa yang diangkat menjadi PNS, berdasarkan Peraturan Pemerintah ini dapat dimutasikan setelah menjalani masa jabatan Sekretaris Desa sekurang-kurangnya 6 tahun.

Menurutnya  Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan melakukan mutasi Sekdes PNS, untuk mengisi kekosongan formasi jabatan pelaksana pada OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pekalongan.

“Untuk itu, dalam rangka mewujudkan manajemen karier PNS yang berbasis Sistem Merit, tahun 2018 ini Pemkab Pekalongan melalui program pembinaan dan pengembangan aparatur melakukan penilaian potensi dan kompetensi Sekdes PNS,” kata Bupati Asip.