Rupiah Simbol Kedaulatan RI

483
PERIKSA - Agar lebih cermat, para siswi langsung diajari lebih dekat untuk mengenali uang rupiah yang asli oleh salah satu kasir dari BI KPw Tegal. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
PERIKSA - Agar lebih cermat, para siswi langsung diajari lebih dekat untuk mengenali uang rupiah yang asli oleh salah satu kasir dari BI KPw Tegal. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
RADARSEMARANG.COM, TEGAL – Negara melalui Bank Indonesia (BI) terus memperkenalkan uang Rupiah sebagai alat pembayaran sah, dan sebagai simbol kedaulatan Republik Indonesia kepada masyarakat, terutama generasi muda.
“Kami rutin menggelar berbagai acara, untuk memperkenalkan uang. Dari fungsi hingga pengenalan nya. Terutama generasi muda, agar sejak dini sudah paham. Menjadi tugas bersama untuk menjaga rupiah sebagai simbul kedulatan NKRI,” ucap Kepala Perwakilan BI Tegal Joni Marsius, Sabtu (17/2/2018).
Seperti baru baru ini kata Joni, digelar sosialisasi kepada Kegiatan edukasi dilaksanakan pada kegiatan Forum Anak Tegal dan Forum Anak Eks Karesidenan Pekalongan, kurang lebih ada 200 pelajar turut dalam kegiatan tersebut, yang bertempat di di ruang serbaguna ex gedung samsat komplek perkantoran Balaikota Tegal. 
Pada kesempatan tersebut, para pelajar diajak mengenal dan memahami fungsi uang, proses bagaimana uang di cetak dan diedarkan hingga sampai ditangan masyarakat dan dibelanjakan sebagai alat tukar dalam transaksi sehari hari, serta ciri-ciri umum dan khusus yang melekat sebagai security feature pada mata uang rupiah.
“Tujuan kami agar membuat bangga pelajar indonesia bagaimana uang rupiah untuk selalu di jaga nilainya, dijaga kualitasnya,” ucap Joni.
Pada acara tersebut Bank Indonesia KPw Tegal menurunkan 7 orang anggota kasir untuk memastikan para pelajar yang ikut sosialisasi benar-benar memahami materi yang disampaikan.
Salah satu peserta Dinda siswa SMA  Muhammadiyah Kota Tegal sangat gembira mendapat materi pengenalan uang yg memang sudah ada dimata pelajaran sekolah.
“Saya sangat senang dapat ilmu baru tentang uang, terlebih yang menjelaskan langsung dari BI yang punya wewenang mencetak dan mengedarkan rupiah,” ucap siswi berjilbab ini.
Acar kemarin semakin meriah, karena peserta diajak berbagai macam kuis dan tantangan, dengan berbagai hadiah menarik dari BI Tegal, terutama hadiah utama sejumlah uang non tunai bagi pelajar yang beruntung. (han)