RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jateng mulai menggencarkan pencegahan radikalisme dan terorisme. Salah satu bentuk yang dilakukan adalah memperluas jaringan dengan cara menggandeng Organisasi Masyarakat (Ormas) di provinsi ini.

Langkah awal yang dilakukan FKPT Jateng adalah menggandeng Kantor Perwakilan Kementerian Pertahahan (Kemenhan) Provinsi Jateng dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jateng dan Kabupaten/Kota se-Jateng.

“Siapa saja atau lembaga manapun yang memiliki kepedulian terhadap gerakan pencegahan kejahatan luar biasa yang sudah dideklarasikan sebagai musuh utama masyarakat dunia adalah mitra kami. FKPT siap bergandengan tangan dengan mereka,” ungkap Ketua FKPT Jateng Budiyanto, belum lama ini.

Menurut Budiyanto, Perwakilan Kemenhan Provinsi Jateng memiliki posisi strategis dalam meningkatkan pemahaman terhadap masyarakat guna mengenali berbagai jenis ancaman teror yang dapat meruntuhkan keutuhan NKRI. “Sehingga perlu dilibatkan, untuk menyadarkan masyarakat agar dapat lebih memahami bahayanya ataupun bentuk-bentuk terorisme,” katanya.

Sedangkan terkait kerjasama dengan KNPI, Budiyanto menjelaskan organisasi ini menjadi wadah berhimpunnya para tokoh organisasi pemuda dan mahasiswa lintas ormas, serta organisasi politik (orpol). Termasuk organisasi keagamaan yang dapat dimaksimalkan menjadi agen pemahaman serta perlawanan terhadap radikalisme maupun terorisme.

“Generasi muda menjadi sasaran utama radikalisme dan terorisme. Sehingga dengan adanya kemitraan ini diharapkan generasi muda yang semula menjadi sasaran akan berbalik arah menjadi sebuah potensi kepeloporan dalam mencegah dan menanggulangi teror,” ujarnya.

Budiyanto menambahkan, kegiatan kerjasama dengan dua institusi itu diawali dengan penandatanganan naskah kerja sama. Saat ini, FKPT Jateng juga sedang menjadwalkan penandatanganan naskah sekaligus penyusunan program kerja samadengan ormas-ormas pemuda di Jateng.

Sementara, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jateng, H. Rikza Hamami , mengatakan, pekan depan Ansor Jateng akan duduk satu meja dengan FKOT untuk membahas pointers kerjasama yang lebih mikro dibanding dengan yang dilakukan dengan KNPI Jateng maupun daerah. (mha/ric)