Deja Vu, Lagu Patah Hati Andra And The Backbone yang Anti Galau

303

Andra Ramadhan sebagai pencipta lagu mengatakan bahwa karya tersebut sebenarnya sudah diciptkannya sejak 2013. Namun, dia bersama Andra And The Backbone sengaja menyimpan sambil menunggu waktu yang tepat untuk dipublikasikan. Baru lah pada awal Februari 2018 ini, lagu Deja Vu resmi dirilis.

“Jadi, ini bukan lagu yang benar-benar dibikin baru. Kerangka lagunya sudah saya bikin yang kemudian dilengkapi oleh beberapa ide dari Deddy dan Stevi saat proses rekaman. Khususnya dari sisi audio,” kata Andra kepada JawaPos.com, Jumat (16/2).

ANDRA AND THE BACKBONE – DEJA VU (OFFICIAL LYRIC VIDEO)
(YouTube/Andra and The Backbone Official)

Masih tentang cinta, pria yang juga gitaris band Dewa 19 itu menuturkan bahwa lagu yang ditulisnya ini menggambarkan tiga fase sekaligus, yakni fase jatuh cinta, patah hati, dan jatuh cinta lagi. Seperti deja vu, sebuah istilah untuk menggambarkan perasaan kuat bahwa pengalaman yang dialami sekarang sudah pernah dialami di masa lalu.

Kendati bertema cinta dan patah hati, tapi Andra And The Backbone tidak mengemas lagu ini dalam balutan kegalauan atau kesedihan. Sebaliknya, barisan komposisi yang membungkusnya ditetesi gitar berdistorsi yang dipertegas dengan lirik.

“Kalau lagu Panah Takdir kan lebih slow kayak lagu Sempurna, akustik banget. Kalau Deja Vu ini heavy distortion. Ada gitar yang berdistorsi banyak yang membungkus sebuah lagu bertema cinta. Nggak galau dan sambil nangis-nangis, tapi kami kemas dengan semangat,” jelas Andra.

Lebih jauh, Andra mengungkapkan, Deja Vu ditargetkan untuk semua kalangan dan usia. Siapa pun yang bisa menangkap musik dan lirik yang disampaikan, mereka bebas menikmatinya.

“Kami bikin musik bukan ngikutin tren. Kami bikin lagu berdasarkan apa yang kami suka dan yang kami inginkan. Jadi, kami nggak pernah memilih target apakah itu remaja, orang tua atau anak-anak sebagai konsumen,” tegasnya.

Lagu Deja Vu sendiri diawali dengan alunan orkestrasi yang dieksekusi oleh Achi Hardjakusumah (violin), Risye Andriani (violin), Deddy Jumwadi (celo), dan Farisha Astari (biola). Selanjutnya, gitar Andra dan vokal Deddy lantas mengalir di sepanjang verse pertama hingga akhirnya diterabas oleh riff-riff gitar distortif Andra dan Stevi sebagai jembatan menuju verse kedua.

Memasuki verse kedua, bridge dan chorus, perpaduan renyah unit orkestrasi dengan departemen gitar Andra dan Stevi mengawal ketat vokal Deddy. Pola ini kemudian berulang begitu memasuki verse, bridge dan chorus berikutnya.

Lagu Deja Vu milik Andra And The Backbone sudah tersedia di sejumlah gerai digital, seperti iTunes, Spotify, dan Deezer. Sementara untuk video lirik lagu ini dapat disaksikan di YouTube resmi milik Andra And Backbone.


(ded/JPC)

Silakan beri komentar.