Sebenarnya, Benarkah Imlek Mendatangkan Hujan?

124

Ilustrasi tahun anjing tanah.
(Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

JawaPos.com – Sudah menjadi rahasia umum, setiap menjelang Tahun Baru Imlek pasti disambut hujan setiap hari. Beberapa orang pun percaya, jika hujan terus turun makan akan mendatangkan banyak rezeki.

Namun, sebenarnya apa sih hubungannya Imlek dengan hujan?

Pengurus Harian Vihara Dhanagun Jalan Suryakancana, Bogor, Yung Hing, menjelaskan kalau hujan hanya kebetulan yang terjadi sesuai perhitungan kalender Tionghoa sejak zaman dulu. Pasalnya di waktu lampau, kalender Tionghoa itu digunakan oleh para petani untuk bercocok tanam.

“Banyak yang bilang ini mau Tahun Baru Imlek sih jadinya hujan. Bukan begitu sih, ini memang perhitungan sejak dulu saat menentukan musim panen,” kata pria yang disapa Ko Ayung itu kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Ayung pun mencontohkan perhitungan lainnya bagi para pelaut. Kalender Tionghoa juga memiliki hitungan tepat kapan nelayan bisa memancing.

“Kayak pelaut harus tahu kapan pasang surut, kalau belum lewat tanggal 4, kapalnya bisa kandas di tengah karena masih cetek,” ungkapnya.

Namun, saat ditanya ramalan perhitungan bencana di tanah air dalam menyambut tahun anjing, Ayung menegaskan hal itu tak bisa dilihat berdasarkan kalender imlek. Sebab semua bencana merupakan ketetapan Yang Maha Kuasa.

“Tak ada satupun yang bisa memprediksi bencana dengan tepat. Alat pengukur gempa saja tak bisa menduga kapan gempa datang, hanya prediksi ancaman tsunami misalnya. Karena semuanya terserah Tuhan,” jelasnya.


(ika/JPC)

Alur Cerita Berita

Rekomendasi Untuk Anda

Sponsored Content

loading…

Silakan beri komentar.