Bertahan di Harga Lama

834
GELIATKAN PASAR : Pramuniaga menunggu calon pembeli di stan pengembang Property Expo yang digelar di Mal Ciputra Semarang, 15-26 Februari. (NURUL PRATIDINA/JAWA POS RADAR SEMARANG)
GELIATKAN PASAR : Pramuniaga menunggu calon pembeli di stan pengembang Property Expo yang digelar di Mal Ciputra Semarang, 15-26 Februari. (NURUL PRATIDINA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Meski harga sebagian material bangunan mulai meningkat, sejumlah pengembang masih bertahan dengan harga lama. Sebagian masih melihat perkembangan, baik harga tanah maupun harga material untuk melakukan penyesuaian harga.

Ketua Panitia Property Expo, Dibya K Hidayat mengatakan, beberapa faktor mempengaruhi kenaikan harga properti. Diantaranya harga tanah yang menjadi penyebab kenaikan harga properti secara permanen.

“Harga tanah biasanya kalau sudah naik nggak mungkin turun lagi. Ini yang menjadikan harga jual properti terus meningkat. Sedangkan untuk harga material bangunan masih bisa naik dan turun, tergantung dari faktor-faktor pemicu lainnya. Karena itu kami berencana baru mulai akan menyesuaikan harga properti antara satu hingga dua bulan mendatang,” ujarnya disela pembukaan Property Expo di Mal Ciputra, kemarin.

Namun demikian, lanjutnya, dua tahun terakhir pasar properti khususnya hunian komersial cukup lesu. Oleh karena itu, sebagian pengembang mengambil strategi memperkecil luas lahan dan luas bangunan guna menggaet konsumen.

“Pasar terbesar ada pada hunian dengan rentang harga di bawah Rp 500 juta. Tapi harga tanah sudah cukup melambung. Karena itu kami perkecil luas tanah dan bangunan sehingga mencukupi untuk harga jual di bawah Rp 500 juta,” ujarnya.

Upaya lain untuk menggeliatkan pasar properti dengan menggelar sejumlah pameran. Diantaranya Property Expo yang digelar di Mal Ciputra sejak 15 hingga 26 Februari mendatang. Pameran ini diikuti oleh 11 pengembang dan 6 pendukung perumahan. “Untuk pameran kedua di tahun ini, kami menargetkan setidaknya 60 unit rumah dapat terjual,” ujarnya. (dna/ric)