Wujudkan Komitmen Cinta dan Damai untuk Indonesia

552
KOMPAK : Guru dan karyawan SMA N 14 Semarang berfoto bersama dengan kepala sekolah. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KOMPAK : Guru dan karyawan SMA N 14 Semarang berfoto bersama dengan kepala sekolah. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM – Memasuki usianya ke 31, SMA N 14 Semarang terus tumbuh menjadi sekolah favorit di Jawa Tengah. Ya  sekolah yang berdiri mulai tanggal 8 Februari 1987 ini, telah menyabet prestasi yang gemilang baik prestasi akademik maupun non akademik. Terlebih mulai tahun 2014 SMA N14 Semarang berhasil meraih Juara 1 Sekolah Adiwiyata Kota Semarang.

Kesan, Pesan dan Harapan

Guyub, Rukun, Sadar Lingkungan

 “Lingkungan sekolah sejuk dan punya taman bunga yang indah walaupun di daerah pesisir. Di sini hubungan antar guru sangat guyub dan rukun karena sudah terpupuk dan terbentuk sejak lama, yang terpenting adalah kesadaran mereka terhadap lingkungan,” (Sulastri, Kepala SMA N 14)

Munculkan Bibit Unggul

“Banyak bibit-bibit muda bidang olahraga ataupun akademik muncul dari SMA ini, walaupun letaknya di pinggiran, sekolah ini menjadi sekolah favorit bagi warga Kota Semarang,” (Suwarno, Guru Bahasa Indonesia)

Sengkuyung Majukan Sekolah

“Sekolah yang sangat menyenangkan, seluruh warganya selalu sengkuyung untuk memajukan sekolah. Tidak ada jarak antara guru senior ataupun yunior, komitmennya adalah membawa sekolah ini ke fase yang lebih tinggi,” (Suspeni,  Pembina Osis/Guru Ekonomi)

Mampu Bersaing

“Tantangan sebagai OSIS adalah membawa alamamater sekolah ini menjadi lebih baik lagi dan bisa bersaing di tingkat yang lebih tinggi,” (Akbar Kharisma, Ketua OSIS)

Tak berhenti di situ, pada tahun 2015, SMA N 14 Semarang meraih Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Di tahun yang sama pula, meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional.

Tahun 2016 SMA N14 Semarang kembali menjadi Juara 1 Sekolah Sehat Tingkat Kota Semarang, kini SMA ini pun mulai membina sekolah-sekolah dari tingkat SD, SMP, sampai tingkat SMA/SMK.

“Untuk menjaga sekolah ini tetap hijau, kami punya budaya yang wajib dilakukan 10 menit sebelum pulang sekolah dengan program Gemmes, yakni gerakan mencari, memungut dan memilah sampah yang dilakukan warga sekolah tanpa terkecuali,” kata Kepala SMA N 14 Semarang, Sulastri.

Sejumlah kegiatan pun rutin dilaksanakan SMA yang terletak di Jalan Kokrosono, Panggung Lor, Semarang Utara, ini terutama yang berhubungan dengan lingkungan. Diantaranya perayaan hari lingkungan hidup, perayaan cinta puspa satwa, perencanaan sejuta pohon hingga pencanangan program 1.000 pohon dimana para siswanya menjadi orang tua asuh pohon tersebut. “Kami berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang dan Provinsi Jateng untuk melakukan kegiatan tersebut,” jelasnya.

Beberapa rangkaian acara dilakukan untuk memperingati HUT ke 31-nya dengan tema Fourteenesia, Love and Peace for Indonesia. SMA N 14 Semarang untuk Indonesia, Cinta dan Damai untuk Indonesia.

“Di sini maksudnya adalah ketika banyak isu tentang perpecahan, makar terhadap Pancasila, maka SMA Negeri 14 Semarang hadir di Indonesia untuk menyuarakan kasih dan perdamaian,” terangnya.

Berbagai kegiatan pun dilakukan oleh seluruh warga SMA N 14 Semarang. Seperti Jumat, 9 Februari 2018 kemarin, menggelar jalan sehat. Dilanjutkan dengan aksi lingkungan di sekitar sekolah, Lomba Kebersihan Kelas, Lomba Fotografi, dan Lomba Pembuatan Video Ucapan Selamat Ulang Tahun.

Tidak hanya kegiatan internal, pihak sekolah juga mengadakan bakti sosial ke Panti Asuhan Asmaul Husna dan Soponyono di Jalan Brotojoyo, serta di Panti Asuhan Al Idris – Plalangan, Gunungpati.

“Untuk bakti sosial di panti asuhan, kami menggalang dana dari siswa, guru dan warga sekolah lainnya, pakaian pantas pakai dan sembako. Tujuannya adalah belajar mendekatkan diri kepada lingkungan sekitar terutama warga yang kurang beruntung,” ujarnya.

Ke depan, lanjut Sulastri, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan kualitas SMA N 14 baik di bidang akademis maupun non akademis. Caranya adalah dengan mengikutkan para siswa berbagai lomba berbagai bidang.

“Belum lama ini siswa kami mendapatkan juara I lomba basket tingkat Jateng dan menyumbangkan emas dan perak di ajang sepatu roda tingkat nasional, selain itu juga masih banyak lagi berbagai prestasi lainnya,” pungkasnya. (den/zal)