Sangubanyu akan Dikelola Profesional

132
POTENSIAL – Setelah Pemkab Batang masuk dalam struktur pengelolaan, pemandian air hangat Sangubanyu akan segera dibenahi fasilitas insfrastrukturnya. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
POTENSIAL – Setelah Pemkab Batang masuk dalam struktur pengelolaan, pemandian air hangat Sangubanyu akan segera dibenahi fasilitas insfrastrukturnya. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Objek wisata pemandian air panas di Desa Sangubanyu Kecamatan Bawang akan direvitalisasi, pasalnya objek tersebut masih sangat minim fasilitas dan wahana. Agar ke depan bisa lebih menarik, akan dikelola secara profesional oleh Pemerintah Kabupaten Batang.

“Sangubanyu objek wisata yang bagus, sebelumnya hanya dikelola oleh desa, namun secepatnya akan kita tata lebih baik melalui Dinas Pariwisata,” kata Bupati Batang Wihaji saat mengunjungi pemandian air panas Desa Sangubanyu Rabu (14/2).

Objek wisata ini resmi menjadi salah satu yang dikelola oleh Pemkab Batang, karena sudah ditarik retribusinya oleh Pemda. Untuk itu, Pemkab memiliki kewajiban untuk menguatkan pengelolaan, dengan memperkuat kelembagaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di desa setempat.

“Kita akan perkuat kelembagaan Pokdarwis dengan memberikan pembinaan. Hal ini agar dalam  mengelola bisa lebih profesional dan muncul ide-ide kreatif dan inovasi penambahan wahana,” jelas Wihaji didampingi Wakil Bupati Suyono.

Namun hal utama yang akan dilakukan adalah revitalisasi, sesuai skala prioritas dan melalui berbagai kajian. Seperti fasilitas jalan, parkir, penambahan area permainan dan fasilitas umum lain di lokasi wisata agar pengunjung semakin nyaman dan senang berkunjung ke tempat tersebut.

Disampaikan juga bahwa Pemkab Batang akan membuat peta wisata di setiap kecamatan. Karena hampir di 15 kecamatan memiliki ikon wisata yang menarik baik wisata pesisir maupun bahari. Selain itu, ada kekayaan alam pegunungan yang menawan untuk disajikan kepada pengunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here