Pelayanan Nyenengke, Tak Ada Pungutan Liar

103
KADO ISTIMEWA : Sekda Jateng Sri Puryono saat menerima penghargaan SAKIP dari Menteri PAN RB RI, Asman Abnur di Hotel Tentrem, Jogjakarta, Selasa (13/2) kemarin. (Istimewa)
KADO ISTIMEWA : Sekda Jateng Sri Puryono saat menerima penghargaan SAKIP dari Menteri PAN RB RI, Asman Abnur di Hotel Tentrem, Jogjakarta, Selasa (13/2) kemarin. (Istimewa)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Sehari sebelum cuti kampanye, Rabu (14/2) kemarin, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memeroleh kado istimewa dari ASN di lingkungan Pemprov Jateng. Kado itu berupa predikat BB (sangat baik) dari hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada 2017. Predikat BB tersebut berhasil dipertahankan karena pada tahun 2016, Pemprov Jateng juga memeroleh predikat serupa.

Kado istimewa itu, membuat Ganjar bahagia. Pasalnya, dengan kerja keras dan ketulusan hati para ASN dalam memberikan pelayanan publik, Pemprov Jateng berhasil menempati urutan kedua sebagai provinsi dengan tata kelola pemerintah terbaik se-Indonesia. Rasa bangga terhadap kinerja para ASN itu disampaikannya saat memimpin apel di halaman kantor gubernur.

“Hari ini saya bahagia karena kemarin mendapatkan WA dari Pak Sekda. Ternyata pengelolaan pemerintahan kita semakin baik dan nomor dua terbaik se-Indonesia. Pekerjaan yang selama ini kami lakukan, kami reform tidak sia-sia,” katanya.

Menurutnya, hampir semua OPD melakukan inovasi, reformasi dan memunculkan hasil. Tentu, penghargaan itu tidak menjadi suatu kebanggaan yang sifatnya simbolik. Dia meyakini, karena hasil kerja ASN yang tulus ikhlas, kerja cerdas, dan melayani terus-menerus serta memperbaiki kemudahan pelayanan. “Pelayanan di provinsi sekarang nyenengke, sudah tidak ada pungutan liar,” ujarnya dengan senyum mengembang.

Ketika cuti nanti, mantan anggota DPR RI itu juga meminta izin kepada para ASN untuk meneruskan saran maupun kritik yang disampaikan masyarakat melalui akun pribadinya. Karena selama ini, cukup banyak masyarakat yang menyampaikan aspirasi tentang pelayanan publik di lingkungan Pemprov Jateng melalui media sosial milik Ganjar, seperti twitter.

“Saya titip tetap melayani dengan mudah, murah, dan cepat. Sebagai orang cuti yang nanti akan kembali menjadi rakyat, izinkan saya untuk mengirimkan masukan-masukan rakyat yang masih terkirim ke saya untuk ditindaklanjuti,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here