Muncul Rekahan Susulan

359

RADARSEMARANG.COM, BANJARNEGARA—Warga yang bermukim di Desa Paweden, Kecamatan Karangkobar, semakin waswas, menyusul munculnya pergerakan tanah di wilayah mereka. Sebelumnya, jalur provinsi itu tertimbun material longsor sepanjang sekitar 60 meter. Saat ini, titik yang dimakisud semakin parah karena ambles.

Sejumlah alat berat telah dikerahkan untuk membersihkan material longsoran yang menutup jalan penghubung antar kecamatan dan kabupaten. Hanya saja, belum rampung pekerjaan tersebut, Rabu (14/2) kemarin, tanah kembali bergerak. Sehingga meyebabkan sebagian titik jalan ambles hingga putus.

Kepala BPBD Banjarnegara Arif Rachman mengatakan, tanah ambles cukup parah. Kedalamannya, sekitar 5-6 meter, dan panjang 50 meter. Juga muncul aliran mata air di sela retakan tanah. Kondisi tanah masih labil, dengan munculnya rekahan di beberapa titik.

Jika pun material longsor berhasil disingkirkan, jalan tetap putus dan tidak bisa dilalui, karena ambles cukup dalam. Penanganan jalan ambles akan melibatkan Badan Geologi Bandung untuk mengkaji kelayakan tanah di zona tersebut.

Putusnya jalan provinsi yang menghubungkan kota dengan beberapa kecamatan, membuat lalu lintas lumpuh total. Warga antarkecamatan terpaksa melintasi rute alternatif, dengan jarak tempuh cukup jauh dan medan berkelok ekstrem. Yakni, melalui Pasar Gripit-Semingkir-Kalibening, atau Pasar Gripit-Pagarpelah-Slatri-Karangkobar.

Pantauan koran ini kemarin, ratusan pengungsi bertahan, karena masih terjadi gerakan tanah di Dusun Sawangan, Desa Sirongge Kecamatan Pandanarum. Pergerakan tanah dari bukit mengarah ke permukiman di bawahnya, hingga merusak kebun warga.

Diperkirakan, hari ini Tim Geolog dari Badan Geologi Bandung, mulai melakukan kajian di lokasi tanah longsor Desa Sirongge.

Data assesment BPBD menunjukkan, jumlah pengungsi sementara dari Dusun Sawangan telah mencapai 232 jiwa terdiri dari 81 pria dan 151 perempuan. Selain itu, terdapat sedikitnya 19 balita, 24 anak dan 13 orang lanjut usia (lansia) yang turut mengungsi. (jpg/isk)