Markas Polsek Selogiri Bakal Pindah Tempat

87

Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede mengatakan, pihaknya telah melakukan survei lokasi tanah yang rencananya akan digunakan untuk pembangunan Polsek Selogiri. Saat ini, Polsek Selogiri sebagai pintu gerbang Wonogiri masih menyatu dengan Keluharan Kaliancar. “Sudah kami survei, tanah di samping Terminal Giri Adipura Wonogiri. Lokasinya strategis,” kata Pardede.

Menurut Pardede, lokasi tersebut sangat cocok sebagai Markas Polsek Selogiri. Pasalnya berdekatan dengan ruang-ruang publik yang strategis. “Ya sudah pas kalau dibangun di situ, karena bisa meng-cover Pasar Krisak dan Terminal Giri Adipura,” kata Pardede.

Kapolres mengaku telah mengajukan permohonan pembangunan Markas Polsek Selogiri ke Pemkab Wonogiri. Harapannya, markas polsek bisa dibangun tahun ini.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo (Jekek) mengakui bahwa gerbang Wonogiri adalah Selogiri. Namun kenyataannya ada infrastruktur publik yang strategis tapi berada di lokasi yang kurang strategis. Sehingga aspek manfaatnya menjadi kurang maksimal.

“Kemasannya kurang bagus, tampilannya kurang menarik karena berhimpitan dengan Koramil dan Kelurahan Kaliancar. Apakah memungkinkan adanya hibah?,” kata Jekek.

Jekek melanjutkan bahwa pemkab masih mempunyai aset di samping Terminal Giri Adipura Wonogiri. Lokasinya sangat strategis dekat dengan terminal, jalan utama Selogiri-Wonogiri dan jalan lingkar kota. Lokasi tersebut dinilai cukup representatif sebagai markas Polsek maupun Koramil Selogiri.

“Saya tetap konsisten. Kalau peruntukannya adalah sepenuhnya untuk pelayanan masyarakat kami, apa sulitnya? Makanya, jika memang itu disepakati, setelah mekanisme administrasi selesai, maka saya pastikan saya akan menandatangani,” kata Jekek.

(rs/kwl/bay/JPR)