300 Relawan Siaga Bencana 

477
SIAGA - Ratusan relawan dari berbagai organisasi dan komunitas pecinta alam di wilayah Batang mengikuti apel siaga bencana Kamis (15/2). (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
SIAGA - Ratusan relawan dari berbagai organisasi dan komunitas pecinta alam di wilayah Batang mengikuti apel siaga bencana Kamis (15/2). (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Sebanyak 300 relawan se-Kabupaten Batang bersiaga, sebagai bentuk antisipasi menghadapi musim hujan, banjir dan angin puting beliung. Hal tersebut dikoordinasi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang yang menggelar apel siaga gelar pasukan relawan penanggulangan bencana tahun 2018 di Jalan Veteran Batang, Kamis (15/2).

Bupati Batang, Wihaji sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, dan mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang selama ini telah banyak berkontribusi membantu penanggulangan bencana di Kabupaten Batang.

“Intinya pelaksanaan apel gelar pasukan ini juga bertujuan untuk mengecek kesiapan baik personel maupun sarana prasarana yang dimiliki masing-masing instansi,” jelas bupati.

Dalam apel tersebut, bupati mengimbau untuk semua warga agar ekstra hati-hati  dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana. Perlu dilakukan pembinaan kepada masyarakat agar masyarakat mampu melakukan tindakan untuk mengurangi risiko bencana secara cepat dan tepat.

“Kita tidak tahu kapan terjadinya bencana, sehingga kita harus siaga terhadap bencana yang mungkin bisa datang sewaktu-waktu,” ucap Wihaji.

Sementara itu, salah satu relawan Kabupaten Batang Iwan Arifianto mengaku siap menjadi salah satu garda terdepan dalam mengamankan wilayah Batang.

“Kami sebagai warga tidak berharap terjadi bencana, akan tetapi jika memang terjadi, kami para relawan siap membantu dan mengamankan masyarakat,” paparnya. (han/lis)