Wow, Ratusan Siswa SMK Bhakti Husada Blora Baca Koran Masal

124

BLORA – Ratusan siswa SMK Bhakti Husada PGRI Blora antusias membaca Jawa Pos Radar Kudus kemarin. Mereka membaca serentak di lapangan upacara. Aksi membaca ini sebagai gerakan literasi sekolah (GLS).

Gerakan ini diikuti ratusan siswa, 32 guru, dan karyawan. Mereka membaca berita yang ada di Jawa Pos Radar Kudus.

Sunardi, kepala SMK Bhakti Husada PGRI Blora menyampaikan, kegiatan ini untuk menanamkan budaya membaca sejak dini. Selain itu, memperkenalkan anak didiknya dengan dunia jurnalistik. “Gerakan literasi ini juga untuk memperingati HUT ke-7 SMK Bhakti Husada PGRI Blora,” jelasnya.

Dengan membaca, imbuhnya, akan memiliki wawasan luas. Siswa SMK Bhakti Husada PGRI Blora juga akan lebih maju, modern, cerdas, berprestasi, dan menjadi tenaga kerja yang profesional.

“Saya yakin dan percaya anak-anak rajin membaca. Apalagi di sini sebelum praktik harus menguasai teori terlebih dahulu,” tegasnya.

Usai membaca secara masal, koran dibawa pulang masing-masing siswa. “Kami harapkan dengan membaca Jawa Pos Radar Kudus pengetahuan anak-anak semakin luas dan menumbuhkan budi pekerti,” tegasnya.

Dia menambahkan, usia sekolah yang mencapai tujuh tahun memang masih belia. Ibarat anak sekolah baru kelas I SD. Meski begitu, banyak prestasi yang ditorehkan. SMK Bhakti Husada PGRI Blora termasuk 10 besar sekolah farmasi tingkat Jawa Tengah.

“Pernah juara II jalan indah, harapan II, dan mendapatkan piagam dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai sekolah dengan indeks integritas penyelenggaraan ujian nasional yang tinggi,” ucapnya.

Untuk PPDB dimulai sejak Januari hingga Maret mendatang. Pihaknya punya trik sendiri saat penerimaan siswa. Tidak berpedoman hasil nilai ujian nasional. Namun, calon pendaftar yang bisa lolos tes seleksi akan diterima sebagai siswa SMK Bhakti Husada PGRI Blora.

Wakil Kepala Kesiswaan SMK Bhakti Husada PGRI Blora Wahyu Setyo Jatiningsih mengungkapkan, gerakan literasi seperti ini baru kali pertama. “Kegiatan ini sangat menarik. Kegiatan literasi memang sangat penting dan membantu meningkatkan minat baca. Sebab, mampu menambah wawasan dan pengetahuan. Apalagi saat ini mulai tergerus dengan gadget,” jelasnya.

(ks/sub/ris/aji/JPR)

BAGIKAN