Sering Dikucilkan Karena Sering Bicara Jihad

Mencari Jejak Suliono di Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin Payaman I

225
LENGANG : Seorang santri Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin Payaman I, Desa Payaman sedang melintas di depan ponpes yang terlihat lengang. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
LENGANG : Seorang santri Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin Payaman I, Desa Payaman sedang melintas di depan ponpes yang terlihat lengang. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM – Pelaku penyerangan Gereja Santa Lidwina di Sleman Suliono diketahui pernah belajar di Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin Payaman I. Bagaimana sosok Suliono di mata para santri dan pengasuh ponpes?

Agus Hadianto, Magelang

SUASANA Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin Payaman I, Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Selasa (13/2) siang, terlihat begitu lengang. Beberapa santri terlihat lalu lalang dengan senyum tipis saat Jawa Pos Radar Kedu menyambangi ponpes tersebut.

Pelaku penyerangan pastor dan jamaah Gereja Santa Lidwina di Sleman, Minggu (11/2) lalu, diketahui pernah nyantri di Ponpes Sirojul Mukhlasin Payaman I. Namun, beberapa santri enggan menjawab pertanyaan Jawa Pos Radar Kedu bahkan terkesan menghindar.

Salah satu santri asal Purwokerto Banyumas, Yusuf, 22, mengaku tidak terlalu mengenal baik Suliono. Namun demikian, Yusuf hanya mengetahui peristiwa yang dilakukan Suliono melalui pemberitahuan pengasuh ponpes dan berita.

“Iya Suliono pernah nyantri di sini. Kenal Suliono Mas, tapi tidak mengenal baik. Soalnya orangnya agak tertutup dan agak berbeda dengan yang lain. Ya karena memang Suliono hanya masuk sekitar tiga bulanan lebih di sini,” ujar santri yang telah mengenyam pendidikan di Ponpes Sirojul Mukhlasin sejak dua tahun yang lalu.

Saat disinggung mengenai pribadi Suliono, Yusuf enggan berkomentar banyak. Yusuf hanya menceritakan, para santri yang baru masuk di ponpes manapun pastinya membawa sifat pembawaan tersendiri yang biasanya sulit berubah. “Ya semua kembali kepada karakter santrinya,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here