Produksi 5 Miliar Tablet

416

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – PT Phapros Tbk tahun ini menargetkan produksi lebih dari 5 miliar tablet tambah darah (TTD). Hal tersebut selaras dengan program pemerintah sebagai salah satu upaya menurunkan angka gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi kronis atau stunting.

Direktur Utama PT Phapros Tbk Barokah Sri Utami mengatakan, stunting mengancam perkembangan generasi mendatang. Kondisi tersebut dikhawatirkan tak hanya menurunkan kualitas dari segi pertumbuhan, tapi juga perkembangan kecerdasan.

Kondisi ini dapat dicegah salah satunya melalui upaya pemenuhan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan atau sejak janin hingga bayi mencapai usia 2 tahun. Dimulai dari pemberian asupan yang mencukupi bagi ibu hamil.

“Pemerintah saat ini tengah aktif berusaha menurunkan penderita anemia pada remaja dan ibu hamil, yang berujung menurunkan angka stunning,” ujarnya di sela Seminar Kesehatan Nasional ‘Mencegah Stunting, Meningkatkan Daya Saing Bangsa’, di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, kemarin.

Terkait hal ini pihaknya turut berkontribusi dengan menyuplai tablet tambah darah melalui e-katalog yang tendernya telah dimenangkan. Kandungan tablet tersebut terdiri dari asam folat dan multivitamin yang komposisinya telah disesuaikan dengan standar WHO.

“Alokasi tahun ini kami produksi lebih dari 5 miliar tablet, kemudian akan didistribusikan oleh pemerintah ke fasilitas-fasilitas kesehatan dan bisa didapatkan oleh masyarakat dengan gratis,” ujarnya. (dna/ric)