Oknum Pengacara Otaki Kasus Duplikasi ATM, Status Advokat bisa Dicabut

154

Pengacara yang juga anggota DPRD Sukohajo periode 1999-2004 Sutarto mengatakan, polisi harus mendalami kasus yang melibatkan pengacara Aladam, 46, warga Desa Balong, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar itu. Artinya harus dikroscek apakah benar bahwa Saryanto adalah sebagai pengacara atau bukan. Perlu dicek dulu status pengacaranya. Saya pribadi menyayangkan ini, tuturnya.

Sutarto mengatakan, ada banyak organisasi pengacara di eks Karesidenan Surakarta. Bila dia tidak terdaftar dalam organisasi profesi tersebut, maka bisa disebut sebagai pengacara abal-abal.

“Bila tersangka adalah pengacara resmi tentu perilakunya sudah melanggar UU Nomor 18 Tahun 2013 tentang Advokat dan Kode Etik. Dia telah melanggar pasal 4 tentang sumpah dan pasal 6 tentang penindakan,” ujarnya.

Selain itu, berkaitan kasusnya ini status pengacaranya bisa dicabut. Menurut dia, apa yang dilakukan tersangka ini jelas mencoreng nama atau profesi advokat. Pihaknya mengusulkan agar organisasi advokat di eks Karesidenan Surakarta agar tidak memberikan pendampingan dan pembelaan hukum terhadap tersangka. Sebab, dia sudah mencoreng nama dan profesi advokat.

”Profesi advokat merupakan profesi yang terhormat (officium nobile). Tersangka ini sudah melakukan kesalahan vatal,” papar dia.

Seperti diberitakan, modus kejahatan dengan cara menduplikasi data kartu ATM dibongkar Polres Sukoharjo. Pelaku menggunakan alat khusus untuk merekam data kartu ATM, kemudian menduplikasi ke ATM kosong. Setelah berhasil menduplikasi data ke ATM kosong, pelaku lantas menguras uang di rekening korban.

Sindikat ini diotaki oleh seorang pengacara Saryanto Aladam, 46. Dia juga memiliki alamat tinggal lain di Kampung Walangarum, Desa Jombor, Kecamatan Bendosari. Rekan Saryanto dalam melakukan aksi ini adalah Tri Warno alias Kebo, 33, warga Jalan Teratai Putih I/12 88 RT 8 RW 4 Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Mereka berdua sudah beraksi di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

(rs/yan/bay/JPR)