Nyari Dana Untuk ke Amerika, Ini Yang Dilakukan Efek Rumah Kaca

199

Akbar Bagus Sudibyo, sang drummer mengungkapkan bahwa penggalangan dana tersebut dilakukan untuk bekal manggung di festival seni kreatif dan teknologi terbesar dunia, yakni South by Southwet (SXSW) 2018, di Amerika Serikat.

“Jadi kita cari duit dulu. Maksudnya mereka mengundang kita lah. Jadi, kalimatnya itu kita siap diundang untuk dukung kita main di sana (SXSW). Uangnya bener-bener mau dipakai untuk keperluan kita di sana,” katanya saat ditemui di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (13/2).

Efek Rumah Kaca cari dana.
(Instagram/sebelahmata_erk)

Menurut Akbar, ERK masih membutuhkan dana untuk membiayai kebutuhan selama kurang lebih seminggu di Amerika. Sebab, bantuan dari pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sebatas tiket pesawat pulang-pergi dan penginapan.

“Memang bekraf sangat membantu kita. Cuma, di sana, kita kan lumayan lama, nggak bantu dalam makannya. (bantuan) Tiket bolak-balik, penginapan. Jadi, ya menghidupi kita di sana perlu (galang dana),” ungkapnya.

Apalagi, lanjutnya, ERK hendak membawa tim lengkap yang jumlahnya total ada 10 orang. Tetapi, Bekraf membatasi pemberian bantuan hanya untuk 5 orang saja.

Untuk menunjukkan keseriusan penggalangan dana tersebut, Akbar mengungkapkan bahwa Cholil sang vokalis sampai rela pulang ke tanah air. Dengan maksud, menarik para penggemar untuk menonton aksi panggung ERK.

“Jadi pas begitu kita umumin kita mau galang dana, ya berarti kholil harus pulang. Dia (Cholil) bilang “udah deh gua balik, kalau gua ngga balik nanti malah ngga ada yang mau datang”. Akhirnya dia balik,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan sudah ada sekitar 6 jadwal manggung di Jakarta dan beberapa kota lainnya. Salah satu yang sudah diumumkan, mereka akan manggung di acara bertajuk The Sounds Project tanggal 24 Februari, di Kuningan City, Jakarta.

Berencana mengundang ERK tampil di acara kalian, semua ketentuannya bisa dilihat di akun Instagram mereka @sebelahmata_erk.

Sebagaimana diketahui, ada tiga musisi tanah air yang terpilih tampil di SXSW 2018, yakni Efek Rumah Kaca, duo Kimokal, dan rapper Rich Brian.


(str/JPC)