Gakkumdu Siap Jerat Pelaku Pidana Pemilu

259

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) yang terdiri dari Polres Magelang Kota, Kejaksaan Negeri Magelang, dan Panwaslu Kota Magelang siap menjerat para pelanggar atau pelaku pidana pemilu dalam waktu relatif cepat. Pidana pemilu seperti penyuapan atau politik uang, ketidaknetralan PNS/TNI/Polri pun siap ditangani oleh Tim Sentra Gakkumdu.

”Ketika masyarakat melakukan pelaporan pidana langsung didampingi oleh kepolisian dan kejaksaan untuk menentukan pasal apa yang sesuai. Mengingat durasi singkat saja dalam 14 hari penyelidikan maka dengan adanya satu atap maka proses akan lebih cepat,” kata Koordinator Divisi Hukum Penindakan dan Penyelesaian Sengketa Panwaslu Kota Magelang Supriyadi.

Dijelaskan lebih lanjut, Panwaslu, Kejari, dan Polres Magelang Kota punya peran masing-masing. Namun dengan adanya sentra Gakkumdu, ada penyamaan persepsi dalam menindak segala bentuk pelanggaran pidana pemilu. ”Untuk itu kita memerintahkan panwascam koordinasi dengan kapolsek atau kanit reskrim dan panwaslu kelurahan dengan babinkamtibmas,” imbuh Supriyadi.

Wakapolres Magelang Kota Kompol Prayudha Widiyatmoko menilai, kerjasama dalam sentra Gakkumdu sebagai upaya pencegahan terjadinya tindak pidana pemilu, sehingga pelanggaran pidana pemilu bisa diminimalisir. ”Bukan kita mengutamakan menangkap atau menindak, tapi lebih untuk mencegah suatu pelanggaran di dalam kegiatan pemilu. Kepolisian siap bersikap netral dan meningkatkan kinerja melalui sentra Gakkumdu ini,” jelas Prayudha.

Sementara, Kasi Pidum Kejari Magelang Albertus Roni Santoso menjelaskan, pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan kepolisian. Harapannya jika ditemukan kecurangan tindak pidana oleh polisi, bisa langsung dibuatkan tuntutan dengan cepat. ”Jangan sampai pemilu selesai, perkara belum selesai. Panwaslu kelurahan tidak perlu berpikir, ada kasus ini masuk perkara pidana pemilu atau tidak. Silakan laporkan, nanti penentu ini pidana atau bukan biar Gakkumdu saja,” tandas Albertus. (cr3/ton)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here