Ajak Umat Beragama Pererat Persaudaraan

396
SAMBUT IMLEK : Ketua Yayasan TITD Liong Hok Bio Paul Chandra Wesi Aji menyalakan lilin dalam mempersiapkan perayaan tahun baru Imlek 2569/2018. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
SAMBUT IMLEK : Ketua Yayasan TITD Liong Hok Bio Paul Chandra Wesi Aji menyalakan lilin dalam mempersiapkan perayaan tahun baru Imlek 2569/2018. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG—Umat Tri Dharma di TITD Liong Hok Bio Kota Magelang telah bersiap merayakan tahun baru Imlek 2569/2018. Berbagai ornamen khas Imlek telah dipasang di setiap sudut kelenteng.

Ketua Yayasan TITD Liong Hok Bio Paul Chandra Wesi Aji menjelaskan, tema yang diangkat dalam Imlek tahun ini terkait peningkatan persaudaraan sejati antar-umat beragama. Kondisi negara Indonesia saat ini masih diselimuti isu-isu SARA. Untuk itu, melalui perayaan Imlek, ia mengajak para pemeluk agama untuk saling mempererat persaudaraan.

“Secara prinsip kami khawatir dengan adanya kejadian teror di gereja yang ada di Sleman, beberapa hari lalu. Tapi, kami yakin pemerintah dan kepolisian sudah mengantisipasi itu. Maka, di perayaan Imlek ini kami angkat isu persaudaraan sejati antar-umat beragama,” jelas Paul, Selasa (13/2).

Ketua Harian TITD Liong Hok Bio Wong Su Li menambahkan, perayaan Imlek tahun ini terasa lebih spesial, karena bersamaan dengan ditempatinya bangunan baru di area bekas kelenteng lama yang terbakar pada 2014 lalu. Bangunan baru yang lebih megah dan menjadi ikon baru di Kota Magelang akan diresmikan. Peresmian akan berbarengan dengan momen Taoist Day, yaitu peringatan ulang tahun Dewa Thay Sang Lao Cin.

“Dewa ini adalah junjungannya umat Tao dan kami sudah yang kedua kalinya mengadakan Taoist Day ini. Bukan sekadar lokal, peringatan ini bertaraf internasional yang acaranya akan dihadiri tamu-tamu dari negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, Italia, dan tentunya Tiongkok,” jelas Wong Su Li.

Sementara itu, Artos Mall akan menghelat atraksi barongsai dan liong pada Jumat (16/2). Acara yang dimulai pukul 10.30 WIB akan diisi atraksi kesenian Liong Samsi dari TTID Liong Hok Bio Magelang. Public Relation Artos Mall Dian Indri Cahyani mengatakan, akan banyak gerakan akrobatik yang ditampilkan di Atrium. Setelah itu, beberapa barongsai akan berkeliling mal untuk mengambil angpao di tenant mal. “Pengunjung juga boleh memberikan angpao,” katanya. (cr3/put/ton)