Tips Belajar Kimia yang Mengasyikkan

287
Oleh: Jarwati ST MPd
Oleh: Jarwati ST MPd

RADARSEMARANG.COM – PELAJARAN Kimia? Wow sulit pastinya, tapi sebenarnya menarik sih. Belajar kimia bikin pusing karena hafalannya banyak, hitungannya sulit.

Opini di atas contoh kecil perasaan  siswa bahkan mungkin mewakili mayoritas siswa jika ditanya tentang pelajaran kimia. Benarkah kimia itu sulit? Bisakah kita belajar kimia dengan menyenangkan?

Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajari sifat dan komposisi materi (yang tersusun oleh senyawa-senyawa) serta perubahannya, bagaimana senyawa-senyawa itu bereaksi/ berkombinasi membentuk senyawa lain. Dalam kehidupan sehari hari  baik langsung maupun tidak langsung kita selalu berhubungan dengan kimia, contohnya: makanan, minuman, pakaian bahkan tubuh kita tersusun dari senyawa kimia.  

Dalam buku Methods of Teaching Chemistry, Stephan Forster (2009) menjelaskan pentingnya hubungan mata pelajaran kimia dengan disiplin ilmu lain. Stephan Forster mengatakan “tidak ada mata pelajaran yang dapat diajarkan secara terpisah, begitu juga dengan pengajaran kimia Agar pembelajaran kimia efektif, pembelajaran harus dikembangkan dari aplikasi kimia dan korelasinya” Materi dalam pelajaran kimia meliputi materi hafalan dan hitungan. Sehingga matematika, logika dan bahasa merupakan prasyarat untuk belajar kimia. Siswa yang kemampuan matematikanya  rendah, umumnya  cenderung tidak tertarik untuk mempelajari kimia. Hal ini merupakan salah satu sebab mengapa pelajaran kimia dianggap sulit.

Agar mudah belajar kimia maka diperlukan cara yang menarik. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar belajar kimia lebih mudah dan mengasyikkan, antara lain. Pertama, kuasai dasar matematika. Matematika merupakan pondasi dasar dalam materi hitungan kimia. Dengan menguasai dasar matematika akan mempermudah kita dalam menyelesaikan hitungan kimia.