Kursi Bertambah, KPU Siapkan Konsep Dapil

211

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Menghadapi Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang, mulai menyiapkan konsep untuk menentukan daerah pemilihan (Dapil).

Ketua KPU Kabupaten Semarang, Guntur Suhawan mengatakan, hal itu dikarenakan pada Pileg 2019 nanti ada penambahan 5 kursi DPRD di Kabupaten Semarang. Sehingga menjadi 50 kursi.

“Kita siapkan tiga konsep untuk diuji publik tanggal 13 Februari 2018. Hasil uji publik tersebut nanti kita usulkan ke KPU pusat untuk ditetapkan,” kata Guntur, Senin (12/2).

Secara rinci, dijelaskan konsep pertama yaitu Dapil masih sama tetapi kursinya berubah karena jumlah kursinya bertambah. Konsep kedua, 5 Dapil tetapi ada pergeseran  atau pemecahan sebagian dapil V digabungkan dengan Dapil II, yaitu Kecamatan Banyubiru bergabung dengan Tuntang dan Bawen. “Untuk konsep ketiga menjadi enam daerah pemilihan,” katanya.

Adapun caranya dengan memecah dan membagi sebagian wilayah Dapil 5 dengan Dapil 4 untuk memunculkan daerah pemilihan baru.

Antaralain Kecamatan Getasan bergabung dengan Kecamatan Banyubiru dan Kecamatan Jambu.