DPRD Minta Bupati dan Jajaran Berikan Solusi Dampak Penutupan Rita Pasaraya

Audiensi Karyawan Rita Pasaraya ke DPRD Wonosobo

914

“Saat ini kami telah merampungkan beberapa izin, di antaranya perizinan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo selaku Ketua BKPRD pada Februari 2017 serta izin Amdal ke Provinsi dan Lalin ke (pemerintah) pusat, karena arus lalu lintas yang akan digunakan menggunakan jalan nasional,” katanya.

Konsultan Hukum Manajemen Rita Pasaraya Wonosobo Suratno menambahkan, untuk waktu dekat ini, fokus permasalahan yang harus dipecahkan bersama adalah bagaimana nasib orang-orang yang selama ini mencari nafkah di Rita Pasaraya Wonosobo dan di seputarannya. “Adapun jika harus menyewa sementara di tempat lain, cukup berat, karena aset Rita Pasaraya Wonosobo sangat banyak, mengingat keberadaan Rita Pasaraya di Wonosobo sudah cukup lama, yakni hampir 25 tahun,” katanya.

Ketua DPRD Wonosobo Afif Nurhidayat menyampaikan, saat ini solusi yang sangat dibutuhkan segera adalah bagaimana nasib karyawan Rita Pasaraya Wonosobo, karena harus menunggu sekitar 2 tahun sampai pembagunan Rita Pasaraya Wonosobo di tempat baru selesai. Pihaknya siap memfasilitasi untuk mempertemukan pihak karyawan beserta manajemen Rita Pasaraya Wonosobo dan para pihak yang selama ini mencari nafkah di seputaran Rita Pasaraya Wonosobo dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo serta pihak terkait lain seperti Apindo, secara maraton.

“Karena ranah pengambilan kebijakan untuk mengatasi permasalahan tersebut ada di tangan eksekutif. Dan hal ini harus dilakukan segera karena berkaitan dengan nasib orang-orang yang selama ini bekerja di Rita Pasaraya Wonosobo dan seputarannya, termasuk di dalamnya nasib keluarga mereka,” tegasnya. (ali/adv)