Kedewasaan Politik Bakal Diuji

371

Orang nomor satu di Jateng itu menegaskan, pilihan boleh beda. Itu adalah keniscayaan. Jika pesta demokrasi telah usai nanti, semua harus kembali bersama membangun negeri. Karenanya Satpol PP dan Satlinmas harus melaksanakan tugas dengan tuntas, lakukan kewajiban dengan ikhlas.

Kepala Satpol PP Jateng, Sinoeng Nugroho Rachmadi menambahkan, pihaknya akan merangkul semua komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, terutama menjelang hingga usai Pilkada serentak 2018.

Menurutnya, Satlinmas dan Satpol PP menjadi ujung tombak karena dekat dengan masyarakat, kemudian melaporkan ke aparat kepolisian. Karenanya peran Satpol PP dan Satlinmas yang humanis dan responsif sangat penting agar bisa diterima dan merangkul masyarakat, terlebih dalam konteks ini partisipasi masyarakat menjadi kata kunci.

“Lapor cepat terkait dengan hal-hal yang berpotensi kampanye hitam, fitnah, provokatif itu yang berpotensi meresahkan masyarakat, maupun mengadu domba agar segera dilaporkan. Kepada para anggota tetap menjaga integritas profesionalitas dan netralitas,” terangnya. (amh/ric)