Kedewasaan Politik Bakal Diuji

368

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pilgub bisa dibilang uji kedewasaan politik masyarakat. Bagaimana semua komponen masyarakat, aparat keamanan, bahkan kandidat, bisa menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan. Termasuk bagaimana mereka merespon politik SARA, fitnah, maupun hoax di media sosial.

“Jateng akan diuji kedewasaan berpolitiknya, dan saya yakin masyarakat Jateng akan bisa menjaga keamanan dan ketertiban bersama-sama,” ucap Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Dijelaskan, pihaknya telah mengadakan rapat bersama Forkopimda termasuk Satpol PP dan Satlinmas, untuk menyiapkan Pilgub dan Pilkada serentak 2018 di Jateng. Tentu agar gelaran tersebut berlangsung aman, nyaman, dan mengedukasi.

“Semua komponen masyarakat harus siaga dan menjaga keamanan dan ketertiban. Kami tahu itu sulit, karenanya kita bersama-sama, keroyokan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Sebab jika tidak maka kami akan mengalami persoalan,” terangnya.

Menurut Ganjar, merawat kondusivitas Jateng bukan hanya tanggung jawab jajaran Satpol PP dan Satlinmas, namun yang utama adalah partisipasi masyarakat. Merawat kondusivitas wilayah adalah merawat hubungan baik dan komunikasi, serta sikap pelayanan yang humanis dengan masyarakat.

“Itu sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Bukan hanya sigap dan tegap namun juga ramah dan mudah dihubungi, mudah dicari. Itu penting. Karena masyarakat adalah pemilik mandat Republik ini,” tegas mantan anggota DPR RI ini.