Doakan Negara Aman dan Kondusif

345
SAMBUT IMLEK : Umat Tridharma saat melakukan bersih-bersih kongco guna menyambut Tahun Baru Imlek di Vihara Budhagaya Watugong, kemarin. (Jon waheed/jawa pos radar semarang)
SAMBUT IMLEK : Umat Tridharma saat melakukan bersih-bersih kongco guna menyambut Tahun Baru Imlek di Vihara Budhagaya Watugong, kemarin. (Jon waheed/jawa pos radar semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Umat Tridharma melakukan ritual membersihkan kongco dan rupang di Vihara Avalokitesvara Budhagaya, Watugong, Semarang, Minggu (11/2). Kegiatan tersebut digelar untuk menyambut Imlek. Bersih-bersih dilakukan setelah umat melakukan ritual Siang Sin Giu Hok atau mengantarkan dewa ke kahyangan.

Umat dengan membawa peralatan seperti kuas dan kain membersihkan kongco satu-persatu Bahkan kongco Dewi Kwan Im yang besar juga tak luput dibersihkan. “Yang mengikuti ritual bersih-bersih kongco tidak hanya umat dari Kota Semarang, tetapi juga umat dari luar negeri,” kata Ketua Yayasan Vihara Avalokitesvara Budhagaya, Watugong, Semarang, Halim Wijaya.

Halim menambahkan pembersihan kongco ini dilakukan karena selama dewa di kahyangan, maka raganya atau kongco dibersihkan. Sehingga ketika pergantian tahun baru Imlek 2569 pada 2018 vihara menjadi bersih. “Selama setahun kongco tidak pernah dibersihkan. Bahkan kain yang digunakan oleh Dewi Kwan Im juga dibersihkan karena sudah kotor,” katanya.

Harapannya di tahun baru ini, Indonesia menjadi negara yang maju dan pemimpinnya diberi kesehatan dalam memimpin negara ini. Bahkan karena di Jateng itu sendiri akan berlangsung pemilihan kepala daerah maka diharapkan situasi tetap aman dan kondusif.

“Umat disini juga berdoa agar situasi aman dan tenteram sehingga rakyat bisa melakukan apa yang seharusnya dilakukan dengan aman pula,” imbuhnya. (hid/sct/ric)