Dengan Game, Belajar Matematika Jadi Menyenangkan

Yedija Prima Putra Ciptakan Game Edukasi dengan Sensor Inframerah

296
KREATIF: Yedija Prima Putra saat presentasi game edukasi karyanya dengan sensor inframerah. (kanan) Yedija Prima Putra. (DOKUMEN PRIBADI)
KREATIF: Yedija Prima Putra saat presentasi game edukasi karyanya dengan sensor inframerah. (kanan) Yedija Prima Putra. (DOKUMEN PRIBADI)

RADARSEMARANG.COM – Yedija Prima Putra, mahasiswa Program Studi (Prodi) Game Technology Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata membuat game yang dijalankan dengan sensor ultrasonik dan inframerah. Game ini membuat belajar matematika jadi lebih menyenangkan. Seperti apa?

AFIATI TSALITSATI

DENGAN bantuan teknologi sensor Kinect yang menggunakan sensor inframerah, Yedija Prima Putra mencoba mengembangkan game edukasi dengan genre mini adventure. Seperti diketahui, teknologi sensor Kinect biasa digunakan dalam konsol game yang tengah dikembangkan oleh Microsoft, yakni Xbox.

Pria yang akrab disapa Prima ini menjelaskan, game yang dikembangkannya ini memiliki edukasi yang bersegmen pada anak-anak. Dalam game ciptaannya, pemain dalam game akan menjawab pertanyaan berupa sistem operasi perhitungan mulai dari perkalian hingga pengurangan.

“Dengan bergerak menuju dua arah, ke kiri dan kanan, untuk menggerakkan kursor guna mendapatkan awan yang berisi angka jawaban pertanyaan tersebut,” terangnya.

Apabila nilai angka yang diperoleh dari awan masih kurang, maka pemain dapat bergerak mendapatkan awan lainnya hingga jawaban terpenuhi. Namun, jika angka yang diperoleh dari awan mengalami kelebihan dari jawaban seharusnya, maka akan mengurangi nyawa si pemain.

“Sejatinya, inspirasi saya dalam pengembangan game ini sendiri berawal dari Progdi Game Technology yang telah memiliki teknologi sensor Kinect. Khusus untuk game yang tengah saya kembangkan, saya punya misi agar belajar matematika terasa lebih menyenangkan. Di sisi lain, dapat melatih kemampuan motorik anak-anak sembari menyelesaikan soal,” jelas Prima.

Silakan beri komentar.