Beri Pembinaan Agar Tertib Administrasi

207

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, memberi pembinaan kepada pengusaha pariwisata yang ada di Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga. Kegitan yang digelar di Hotel C3 Ungara, Minggu (11/2) kemarin, sebagai upaya agar para pengusaha tertib administrasi kepesertaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ungaran, Budi Santoso mengungkapkan, sejauh ini masih ada data peserta jaminan sosial ketenagakerjaan di beberapa perusahaan tidak padan dengan NIK (nomor induk kependudukan).

“Sosialisasi tertib administrasi  kepesertaan  bagi badan usaha atau pemberi kerja sektor pariwisata  ini tujuannya untuk tertib administrasi dalm membayar iuran maupun data peserta,” ujar Budi.

Dikatakannya, BPJS Ketenagakerjaan sudah bekerjasama dengan Dirjen Kependudukan Kemendagri. Sebab sistem yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan ketika memasukkan data peserta sesuai NIK langsung muncul namanya.

Sehinggga mudah untuk memberikan pelayanan. Oleh karena itu, pihaknya selalu membina perusahaan untuk tertib administrasi supaya ketika timbul haknya juga cepat terlayani. “Contohnya, iuran Februari dibayar paling lambat 15 Maret tetapi Januari belum terbayar sehingga ketika ada pekerja yang meninggal kasihan karyawannya,” ujarnya.