Banjir Bandang Sisakan Lumpur Setebal 50 Cm

Warga Berharap Bantuan

184
KERJA BAKTI: Warga bersama para relawan membersihkan timbunan lumpur dan sampah paska banjir, kemarin (10/2). (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KERJA BAKTI: Warga bersama para relawan membersihkan timbunan lumpur dan sampah paska banjir, kemarin (10/2). (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KENDAL—Banjir bandang yang menerjang dua desa di Kecamatan Kaliwungu Selatan telah surut. Minggu (11/2), warga gotongroyong membersihkan lumpur dan sampah yang menumpuk di setiap sudut kampung, bahkan di dalam rumah.

Pantauan koran ini, warga yang tadinya tinggal di pengungsian kini sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing. Kini warga disibukkan dengan tumpukan sampah dan lumpur yang terbawa banjir.

Ya, timbunan lumpur setinggi 40-50 sentimeter nampak memenuhi gang-gang masuk di dua desa, yakni Protomulyo dan Magelung.

“Kalau jalan desa, terutama gang yang berbatasan langsung dengan Sungai Kaliaji, itu lumpur bisa setinggi 50 sentimeter. Sedangkan yang  masuk rumah itu lumpurnya bisa kisaran 30-40 sentimeter,” kata Khodirin, warga Dukuh Proto Wetan Rt 02/02, kemarin (11/2).

Akibatnya, warga di masing-masing RT dan gang bergotong royong. Mereka dibantu relawan dari berbagai elemen masyarakat membersihkan tumpukan sampah dan lumpur yang memenuhi rumah dan jalan-jalan.

Selain membersihkan lumpur dan sampah, warga juga mengais sisa barang berharga yang masih tersisa. Seperti motor, sepeda, kompor dan pakaian yang ikut tertimbun lumpur dan tumpukan sampah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here