Antisipasi Banjir, Awasi Bendungan Kalijajar

392
PANTAU BENDUNGAN : Kapolsek Demak Iptu Sugeng turut mengawasi pintu bendungan Kalijajar, Kota Demak. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)
PANTAU BENDUNGAN : Kapolsek Demak Iptu Sugeng turut mengawasi pintu bendungan Kalijajar, Kota Demak. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Hujan deras yang terus mengguyur Kota Demak membuat was was semua pihak. Untuk mengantisipasi bahaya banjir, petugas kepolisian dari Polsek Demak Kota turut memantau langsung dilapangan.

Kapolres Demak AKBP Maesa Soegriwo melalui Kapolsek Demak Kota, Iptu Sugeng mengatakan, pihaknya ikut melakukan pengecekan debit air di Bendungan Kalijajar yang membelah Kota Demak.

“Ini penting untuk mengetahui ketinggian air bendungan. Jika debit air dalam kondisi rawan kita segera berkoordinasi dengan petugas terkait lainnya,” ujarnya. Meski hujan terus, kata dia, namun debit air masih dalam batas yang wajar.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak, Agus Nugroho LP mengatakan, sejauh ini kondisi wilayah Kota Demak masih terkendali. Meski demikian, petugas BPBD juga tetap waspada dan siapa diposko kesiapsiagaan bencana.“Masih aman dan terkendali,” katanya.

Korlap BPBD Suprapto menambahkan, BPBD dalam kondisi tetap siaga untuk mengawasi aliran air disejumlah sungai di wilayah Demak. Seperti sungai Wulan, sungai Dombo Sayung dan sungai Setu Guntur.

“Untuk sungai Wulan, sejumlah titik longsoran sudah mulai diperbaiki. Material juga didatangkan oelh Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana. Meski demikian, kita tetap waspada,” katanya. (hib/zal)