Setelah Antar Dewa, Kini Bersihkan Kongco

267
PERSIAPAN IMLEK : Sejumlah umat TITD dan pengurus Klenteng Tay Kak Sie membersihkan kongco dan klenteng, Sabtu (10/2) kemarin. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PERSIAPAN IMLEK : Sejumlah umat TITD dan pengurus Klenteng Tay Kak Sie membersihkan kongco dan klenteng, Sabtu (10/2) kemarin. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG—Puluhan umat TITD kelenteng Tay Kak Sie, Semarang, membersihkan kongco atau rupang, Sabtu (10/2) kemarin. Setelah sebelumnya melakukan ritual Siang Sin Giu Hok atau ritual mengantarkan dewa ke kayangan.

Dengan membawa kain dan kuas, mereka membersihkan kongco, satu persatu. Termasuk mengganti baju yang dipakai oleh kongco agar bersih. Kegiatan itu dilakukan menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2569 atau 2018 atau tepatnya 16 Februari mendatang di Kota Semarang. “Selama dewa di kayangan, maka raganya atau kongco dibersihkan,” kata Wakil Ketua Yayasan Kelenteng Tay Kak, Sie Yoe Yoe Hok, kemarin.

Lebih lanjut, Yoe Yoe Hok mengatakan kegiatan bersih-bersih tersebut merupakan ritual tradisi persiapan menyambut tahun baru Imlek. “Selama satu tahun, kongco tidak dibersihkan dan pada kesempatanlah kongco-kongco dibersihkan,” imbuhnya.

Sedangkan di dalam Kelenteng Tay Kak Sie sendiri, terdapat 27 kongco yang dibersihkan dan bajunya juga diganti. Dalam membersihkan kongco tersebut, melibatkan Locu dan Hu locu dan umat itu sendiri. “Dalam membersihkan kongco itu, locu atau hu locu ikut mendampingi. Bahkan ikut membersihkan kongco juga,” imbuhnya.

Yoe Yoe Hok mengatakan ritual tersebut dilakukan setahun sekali, dengan harapan setelah bersih. “Kalau semuanya bersih, umat akan merasa betah di kelenteng untuk melakukan sembayang,” paparnya. (hid/ida)